Kendari (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), memprediksi sebanyak 13 kabupaten dan kota di Sultra berpotensi hujan dengan intensitas yang berbeda-beda pada Kamis (7/12).

"Hujan dengan intensitas sedang yang dapat disertai guntur dan angin kencang pada Kamis, 7 Desember, berpotensi terjadi di wilayah Kota Baubau, Buton, Buton Utara, Buton Selatan, Buton Tengah, dan Muna," kata Koordinator Bidang Observasi dan Informasi Stasiun Meteorologi Maritim BMKG Kendari Faizal Habibie di Kendari, Rabu.

Baca juga: BMKG: Waspada potensi hujan lebat di Yogyakarta pada 6-8 Desember

Sementara pada siang hingga sore hari, hujan dengan intensitas sedang yang dapat disertai guntur dan angin kencang berpotensi terjadi di wilayah Kolaka Timur, Konawe, Konawe Utara, Konawe Selatan, Kendari, Buton Utara, Muna, Muna Barat, dan Bombana.

Sedangkan hujan dengan intensitas ringan berpotensi terjadi di wilayah Kolaka, Kolaka Utara, Wakatobi, Baubau, Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, dan Konawe Kepulauan.

Baca juga: BMKG: Waspada waspada curah hujan tinggi di NTT hingga 10 Desember

"Pada malam hari hujan ringan juga berpotensi terjadi di Kolaka, Kolaka Timur, Kolaka Utara, Muna, Konawe, Konawe Kepulauan, dan Konawe Selatan." ujar Faizal.

Adapun suhu udara antara 25-32 derajat Celsius dengan kelembaban udara dengan kisaran 60-95 persen serta kecepatan angin bertiup dari tenggara ke barat daya per 2-20 kilometer per jam.

Baca juga: BMKG jalin kerja sama meteorologi dan geofisika dengan Uni Emirat Arab

Faizal mengimbau masyarakat terutama yang melakukan aktivitas di luar ruangan agar tetap berhati-hati dan selalu memperhatikan informasi terkini mengenai kondisi cuaca di Sultra melalui laman resmi BMKG.
 

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023