Shanghai, (ANTARA/PRNewswire)- Delapan episode serial dokumenter "Craft Artists in Shanghai", diproduksi Shanghai Art & Design Academy (SADA), telah ditonton lebih dari satu juta kali di kanal resmi YouTube sejak dirilis pada Oktober lalu.

Dosen SADA telah memandu dan membimbing mahasiswa selama enam tahun untuk merekam dan memproduksi serial dokumenter tersebut. Dokumenter ini mengisahkan sosok yang melestarikan warisan budaya tak benda, serta seluruh proses ketika mereka menciptakan mahakarya tersebut. Di sisi lain, dokumenter ini juga membahas dampak teknologi mutakhir terhadap seni kriya tradisional Tiongkok dari perspektif berbeda.

Episode berjudul "Craft Artists in Shanghai: Jade Carving", menampilkan Zhao Picheng, Guru Besar Seni Pahat Batu Giok di SADA, mengisahkan seluruh proses saat dia mencari batu giok, membuat desain, dan menciptakan pahatan batu giok dengan kepiawaiannya.

Han Huizhi, Artistic Director, Han Tianheng Art Museum, tampil dalam episode "Craft Artists in Shanghai: Ink Slab Carving" dan menyampaikan gagasan bahwa "seni kriya masa kini akan menjadi benda yang dipamerkan pada masa mendatang". Di episode ini, dia memilih material, mendesain, menciptakan, dan  memamerkan ink slab.

Setelah teknologi membawa pengaruh penting dalam seni kriya tradisional Tiongkok pada era digital, dokumenter ini juga mengulas pengaruh, bahkan dukungan teknologi bagi seni kriya melalui episode "Craft Artists in Shanghai: Digital Twin". Tim produksi serial dokumenter juga mewawancarai Wang Caiyun, Kepala Departemen Seni Pahat Batu Giok SADA dan Xu Hao dari Center for Digital Accumulation and Cultural Communication of Intangible Heritages. Lebih lagi, episode ini membahas persinggungan seni pahat batu giok dengan teknologi digital masa kini.

"Seni kriya merupakan salah satu cara yang menyatukan sejarah dan kebudayaan sebuah bangsa. Kami gembira menghadirkan dokumenter ini bagi audiens yang menggemari seni kriya tradisional di seluruh dunia. Kami berharap, semakin banyak orang memahami dan mempelajari seniman tradisional Tiongkok yang telah mengasah keahlian selama bertahun-tahun, serta mengapresiasi pesona kebudayaan Tiongkok," ujar Lin Ying, Sutradara Serial Dokumenter tersebut.

Serial dokumenter ini telah ditayangkan Shanghai Television dan China Educational Television, serta hadir di 2023 Shanghai Education Expo pada September lalu, dan "Brilliant Arts and Crafts: Exhibition of Shanghai Intangible Cultural Heritage" pada Oktober lalu di Slovak National Museum, Bratislava sebagai bagian dari International Tour Exhibition of Chinese Traditional Fine Arts.

Anda dapat menggali dunia seni kriya tradisional Tiongkok dengan mengikuti YouTube@CraftArtistsinShanghai.

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023