Samarinda (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengaku sudah menyiapkan dua strategi dalam menghadapi maraknya aktivitas penambangan ilegal di sekitar lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Ya, ada dua hal, yang pertama good practice mining dan yang kedua penegakan hukum,” kata Ganjar di Tenggarong, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, Rabu.

Pertama, good practice harus dilakukan dan dikontrol dari kementerian terkait, dinas dan pemerintah daerah (pemda).

Lalu, kedua, penegakan hukum yang serius jadi kunci utama memerangi penambangan ilegal.

“Itu memang masuk ke kita, ke kami gitu ya, untuk kita kemudian bisa bereskan,” jelasnya.

Menurutnya, kedua strategi itu juga dilakukan demi menjaga kestabilan lingkungan atau alam di sekitar IKN.

“Ini untuk mendukung kegiatan IKN,” pungkas Ganjar.

Dalam kunjungannya ke Kraton Kutai Kartanegara, Ganjar disambut langsung Sultan Kutai Kartanegara Aji Muhammad Arifin dan para seniman.

Ganjar mendapat kesempatan ikut serta menarik Kanjar Ganjur yang merupakan warisan dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023