AsiaNet 53713

TOKYO, 17 Juli 2013 (ANTARA/Kyodo JBN- AsiaNet) --

     - Kapasitas Sistem Kabel PC-1 Meningkat 2,5 kali lipat menjadi 8,4 Tbps -

     NTT Communications Corporation (NTT Com) mengumumkan penyelesaian proyek penanaman teknologi koheren digital 100 Gbps pertama di dunia pada sistem kabel bawah laut transpasifik yang menghubungkan Amerika Serikat dan Jepang pada tanggal 17 Juli, sehingga meningkatkan kapasitas desain sistem PC-1 yang dimiliki perusahaan ini lebih dari 2,5 kali lipat menjadi 8,4 terabit per detik, dan akan efektif secepatnya.     

     Lalu lintas data kini tumbuh sangat pesat terkait meningkatknya penggunaan ponsel pintar dan tablet, unduhan musik/video, komputasi cloud, serta berbagai layanan seperti jejaring sosial. Untuk menjawab tantangan ini, pada Oktober 2011, NTT Com telah mendemonstrasikan transmisi optik 100Gbps dengan menggunakan teknologi koheren digital pada rute Amerika Serikat - Jepang milik perusahaan ini. Meskipun keunggulan teknologi ini merupakan metode yang tepat untuk meningkatkan kapasitas jaringan optik, namun sangat sulit sekali memberikan kestabilan komunikasi berukuran 100Gbps dalam jarak sangat jauh karena karakteristik cahaya. Dengan mengoptimalkan arsitektur optik jaringan PC-1, termasuk penempatan strategis alat pengulang (repeater) dan tata letak serat optik yang mutakhir, NTT Com kini telah mengaplikasikan teknologi koheren digital 100 Gbps komersial yang pertama di dunia pada rute transpasifik.

     Pada akhir tahun 2014, teknologi transmisi optik 100Gbps juga akan diintegrasikan pada Asia Submarine-cable Express (ASE) NTT Com, yang menghubungkan sejumlah kota besar di Asia melalui rute tersingkat demi mendapatkan latensi rendah bertaraf industri.

     - Sistem kabel PC-1
     Kabel optik bawah laut PC-1, jalur transpasifik terpendek, dioperasikan oleh PC Landing Corp., salah satu anak perusahaan NTT Com.       

     Panjang total      :   21.000 km
     Konfigurasi         :  Jaringan lingkar topologi dengan stasiun pendaratan di Jepang dan Amerika Serikat
     Stasiun pendaratan : Ajigaura (Prefektur Ibaraki, dekat Tokyo); Shima (Prefektur Mie, dekat Osaka dan Nagoya); Harbour Pointe, Washington; dan Grover Beach, California

     - Koheren digital
     Koheren digital adalah teknologi transmisi terbaru yang meningkatkan efisiensi spektral melalui modulasi multilevel, seperti modulasi fase dan multipleksing polarisasi. teknologi ini meningkatkan sensitifitas alat penerima dengan mengkombinasikan deteksi koheren dan pengolah sinyal digital.

     Tentang NTT Communication Corporation:
     NTT Communications menyediakan layanan konsultasi, arsitektur, keamanan, dan komputasi cloud untuk meningkatkan teknologi informasi dan komunikasi (ICT) bagi perusahaan. Lini penawaran tersebut didukung oleh infrastruktur global perusahaan ini, seperti jaringan IP global tingkat satu, jaringan VPN Arcstar Universal One (TM) yang menjangkau 160 negara/wilayah, dan lebih dari 140 pusat data yang aman. Lini produk NTT Communications memanfaatkan sumber daya global perusahaan-perusahaan

NTT Group, seperti Dimension Data, NTT DOCOMO, dan NTT DATA.

www.ntt.com/index-e.html | www.twitter.com/nttcom |
www.facebook.com/nttcomtv |
http://www.linkedin.com/company/ntt-communications

Sumber: NTT Communications Corporation

Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2013