Meskipun hanya sebuah laga persahabatan, manajer berjuluk The Special One itu tidak ingin kehilangan muka menghadapi Shingha All-Star XI.
Bangkok (ANTARA News) - Skuad Chelsea FC tiba di Bangkok, Thailand sejak Senin (15/7) untuk melakoni laga pra-musim ke Asia. The Blues bakal ditantang Singha All-Star XI dalam laga yang digelar di Stadion Rajamanggala, Rabu malam (pukul 20.00 WIB).

Chelsea di bawah asuhan pelatih Jose Mourinho siap menyajikan atraksi sepak bola menghibur meski tetap memberlakukan iklim kompetitif.

Laga melawan Singha All-Star XI jelas-jelas menjajal kali kedua intuisi Mourinho membesut Chelsea. Penggila bola sejagat menanti "The Special One" merespons  komposisi pemain dan meracik strategi rancak jelang kompetisi Liga Inggris (Premier League) musim 2013/2014.

Tur pra-musim Chelsea ke Asia, termasuk ke Thailand ini, menggantang asa ingin mendongkrak pamor The Blues di hati penggemar setia mereka. Frank Lampard dan kawan-kawan akan berada di Bangkok hingga 18 Juli, kemudian menuju Malaysia dan Indonesia.

Sebagai salah satu tim elite Liga inggris, pasukan Mourinho tidak lantas terbuai dengan slogan yang didengungkan dalam tur-pramusim kali ini yakni "Here to Play—Here to Stay", apalagi lawan yang dijajal kali ini Singha All-Star XI.

Chelsea tidak boleh begitu saja menganggap enteng lawan. Singha All-Star XI mengaramkan Manchester United 1-0 dalam laga uji coba yang digelar di Bangkok pada Sabtu (13/7). Kemenangan ini bukan tidak mungkin menyemangati Singha All-Star XI melawan juara Liga Champions ini.

Para pemain Chelsea yang baru saja membela negaranya di ajang Piala Konfederasi dan Piala Dunia U-21 diberi waktu istirahat.

Mourinho pastinya rinci berhitung menurunkan komposisi pemain, tanpa mengorbankan kekuatan dan kecepatan Chelsea yang sudah menjadi merk dagang tersendiri di atmosfer sepak bola dunia.

Peran Romelu Lukaku di lini depan Chelsea menduduki porsi relatif penting, sementara alternatif yang tersedia dapat juga memasang  Demba Ba dan Lucas Piazon. Mourinho memberi prioritas kepada ketajaman lini depan.

Chelsea juga menanti peran Nathaniel Chalobah. Ia baru saja direkrut dari Watford. Pendatang anyar Andre Schurrle berusaha memberi keyakinan kepada Mourinho dalam laga kali ini di Bangkok, apalagi Juan Mata dan Oscar masih absen. Ada juga Kevin De Bruyne dan Marco van Ginkel.

Victor Moses dan Eden Hazard siap memperkuat skuad The Blues, sementara Michael Essien berpasangan dengan pemain veteran Frank Lampard menempati lini gelandang.

Chelsea memang tidak diperkuat pemain belakang kokoh, yakni Cesar Azpilicueta, David Luiz dan Nathan Ake. Mourinho punya sejumlah opsi untuk mengisi kekosongan ini.

Ini jelas memberi kesempatan kepada Mourinho untuk menjajal alternatif anyar dalam komposisi "lineup" Chelsea. Manajer asal Portugal itu berkesempatan menerapkan kali pertama formasi 4-3-3 di Stamford Bridge.

Meskipun hanya sebuah laga persahabatan, manajer berjuluk The Special One itu tidak ingin kehilangan muka menghadapi Shingha All-Star XI.

Kemenangan dari laga di Bangkok ini memberi asupan vitamin bagi Mourinho jelang kompetisi Liga Inggris musim 2013/2014. Para pemain pun ingin memberi kesan positif kepada bos anyar Chelsea itu. Sebuah pertarungan sekaligus pertaruhan di laga pra-musim The Blues ke Asia.

Komentar dua pelatih:
Jose Mourinho (Chelsea):
"Kami berharap mendapat perlawanan sengit dari Singha All-Star. Mereka berada di atas angin dan siap bertarung, meski tidak ada orang yang ingin kalah."

"Kami akan memainkan dua tim. Satu tim di babak pertama, dan satu tim lagi di babak kedua. Setiap pemain turun dalam 45 menit, mereka tentu diharapkan tampil tangguh."

Piyapong Pue On (Shingha All-Star):
"Chelsea tampil sebagai tim kuat yang menjadi juara di Liga Europa musim lalu. Kami berusaha keras mengalahkan mereka."  
 
Prakiraan susunan pemain:
Chelsea (4-2-3-1):

Chelsea di babak pertama: Cech (penjaga gawang); Wallace, Kalas, Terry, Cole; Lampard, Essien; Piazon, De Bruyne, Andre Schurrle; Lukaku.

Chelsea di babak kedua: Blackman (penjaga gawang); Ivanovic, Cahill, Chalobah, Bertrand; Van Ginkel, Ramires; Moses, De Bruyne, Hazard; Ba.

Shingha All-Star XI (3-5-2):
N Taweekul (penjaga gawang), P Thamaphan, Y Kim, R Chon, D Thonglao, D Siaka, T Dangda, Djurovski, A Daosawang, Phanrit, Silva, T Winothai

Head to Head:
Laga persahabatan (FR)
24 Jul 2011     Thailand All-Stars 0 - Chelsea FC 4     

Lima laga terakhir:

Thailand All-Stars
13 Jul 2013    Thailand All-Stars 1 - Manchester United 0    FR
24 Jul 2011    Thailand All-Stars 0 - Chelsea FC 4    FR

Chelsea FC
25 May 2013    Manchester City 5 - Chelsea FC 3    FR
24 May 2013    Chelsea FC 3 - Manchester City 4    FR
19 May 2013    Chelsea FC 2 - Everton 1    EPL (English Premier League)
15 May 2013    Benfica 1 - Chelsea FC 2    EL
11 May 2013    Aston Villa 1 - Chelsea FC 2    EPL
 
Prediksi tiga besar: (Goal .com)

* Thailand All-Stars 0-7 Chelsea FC (14,36 persen)
* Thailand All-Stars 0-4 Chelsea FC (11,12 persen)
* Thailand All-Stars 0-5 Chelsea FC (  9,04 persen)

Narasi prediksi:     
Laga persahabatan ini menjadi laga pembuktian kali kedua bagi Mourinho sebagai manajer Chelsea. Skuad Singha All-Star XI jelas termotivasi setelah menang 1-0 atas Manchester United.

Tim asuhan Pue On bakal memberi perlawanan sengit kepada anak asuhan Mourinho. Chelsea jelas tidak ingin mendulang rasa malu sebagaimana dirasakan Manchester United sebelumnya.

Kendalam iklim di stadion Rajamangala. Para pemain Chelsea perlu tenaga ekstra menghadapi kondisi iklim di Bangkok. Seperti skuad Manchester United, yang pasti skuad The Blues bermain di iklim panas dan lembab di ibukota Thailand.

Singha All-Stars mengandalkan ketajaman Teeratep Winothai dan pemain asal Brazil, Cleiton Silva. Winothai mencetak gol semata wayang ketika menghadapi Manchester United.

Prediksi editor Antaranews.com:
Shingha All-Star XI: 1
Chelsea: 5

Pewarta: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013