Melalui eksplorasi inovasi teknologi yang futuristik, Indonesia bisa menjadi pemain utama dalam memproduksi hidrogen hijau
Jakarta (ANTARA) -
PT PLN (Persero) melakukan kesepakatan bisnis dengan perusahaan hidrogen asal Perancis, Hydrogen De France (HDF Energy) untuk bekerja sama dalam pengembangan pembangkit listrik Hydrogen Fuel Cell Hybrid Power Plant di Indonesia.
 
 
Kerja sama kedua perusahaan ini ditandai dengan Joint Development Study Agreement (JDSA) oleh Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo dan Executive Director Asia sekaligus President Director HDF Energy Indonesia Mathieu Geze, pada Indonesia Paviliun di gelaran COP28, Dubai, Uni Emirat Arab.
 
Darmawan di Jakarta, Rabu, mengatakan, perjanjian JDSA ini merupakan langkah lanjutan dari nota kesepahaman yang telah terjadi sebelumnya pada April 2023.
 
 
Setelah berhasil memproduksi hidrogen hijau di Indonesia, PLN akan mengembangkan pembangkit listrik berbasis hidrogen dengan asistensi dari HDF Energy.
 
 
“Melalui eksplorasi inovasi teknologi yang futuristik, Indonesia bisa menjadi pemain utama dalam memproduksi hidrogen hijau,” kata Darmawan.
 
 
Selain memproduksi hidrogen, lewat kerja sama bersama HDF Energy, PLN akan mengembangkan utilisasi hidrogen melalui proses elektrolisa dan mengolahnya menjadi listrik untuk melayani daerah pelosok.
 
 
Selain itu, kedua belah pihak juga bersepakat untuk bersama-sama dalam studi pengembangan pembangkit listrik baseload dan non-intermittent berbasis energi baru dan terbarukan (EBT), baterai, dan hidrogen.
 
 
Termasuk potensi pembentukan Join Venture Company dalam pengembangan proyek EBT di daerah 3T (Terluar, Terdepan, Terpencil) khususnya di wilayah Indonesia Timur, dengan penekanan awal di Sumba, Nusa Tenggara Timur.
 
 
”Sehingga keberadaan EBT dan hidrogen nantinya tak hanya akan mendukung pasokan energi bersih, tapi juga mampu mewujudkan elektrifikasi nasional dan menjadi bisnis masa depan yang terintegrasi,” kata Darmawan.
 
 
Sementara itu, Executive Director Asia and President Director HDF Energy Indonesia Mathieu Geze mengatakan pihaknya serius dalam mengembangkan infrastruktur hidrogen skala besar.
 
 
Dia meyakini kolaborasi dengan PLN mampu mempercepat penerapan pembangkit listrik hidrogen yang menghasilkan listrik ramah lingkungan dan stabil.
 
 
“Melalui kolaborasi kami dengan PLN, kami bertujuan untuk menempatkan Indonesia di garis depan proyek hidrogen ramah lingkungan di kawasan Asia Pasifik,” kata Mathieu.

Baca juga: PLN galang kolaborasi global dukung pendanaan transisi energi di RI

Baca juga: PLN dan Masdar UEA jajaki penambahan kapasitas PLTS Terapung Cirata

Baca juga: PLN gandeng GEAPP dalam percepatan transisi energi di Indonesia

 

Pewarta: Farhan Arda Nugraha
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023