Jakarta (ANTARA) - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendukung wisata olahraga di Nusa Tenggara Barat (NTB) melalui kegiatan Porsche Sprint Challenge Indonesia 2023 yang berlangsung di Pertamina Mandalika International Circuit, Lombok pada 8-10 Desember 2023.

“Indonesia akan sangat aktif mengajukan penawaran untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan berbagai acara dan juga kegiatan olahraga kelas dunia. Banyak destinasi yang dapat dimaksimalkan untuk sport tourism,” ujar Menparekraf Sandiaga Uno di Jakarta, Rabu.

Menparekraf Sandiaga mengatakan, kegiatan ini sekaligus menjadi ajang peluncuran mobil balap Porsche 911 GT3 Cup di Indonesia yang diimpor oleh Superstars Motorsport dan diharapkan menambah kegairahan balap di Indonesia.

Untuk menutup akhir tahun, diadakan event sport tourism berupa balap mobil internasional dengan jenis kendaraan yang akan berlaga adalah Porsche 911 GT3 Cup.

Ajang ini dinilai sebagai titik awal pengembangan acara dan atraksi Mandalika untuk ajang balap roda empat.

Sementara itu, Direktur Pemasaran dan Program Pariwisata InJourney Maya Watono mengatakan sejumlah 10 mobil balap Porsche 911 GT3 Cup dan 16 pembalap pro dan amatir asal Indonesia akan berpartisipasi dalam Porsche Sprint Challenge Indonesia.

Juga terlibat 200 orang dalam organisasi Porsche Sprint Challenge Indonesia.

“Sejauh ini, Mandalika biasanya hanya dipakai untuk ajang balap motor roda dua. Event ini sebagai langkah awal mempersiapkan sirkuit Mandalika untuk balapan roda empat,” ujarnya.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023