Dampak bendungan itu sangat bagus
Medab (ANTARA) - Perum Bulog Kanwil Sumatera Utara menyatakan, keberadaan Bendungan Lau Simeme di Kabupaten Deli Serdang positif untuk membantu upaya menambah produksi beras di Sumut.

"Dampak bendungan itu sangat bagus," ujar Pemimpin Wilayah Perum Bulog Kanwil Sumut Arif Mandu di Medan, Rabu.

Menurut Arif, Bendungan Lau Simeme akan menjamin ketersediaan air untuk lahan sawah.

Dengan begitu, ketika terjadi kekeringan misalnya karena El Nino, air untuk persawahan di Sumut tetap terjaga.

Ujungnya, produksi padi dan beras tidak berkurang dan bahkan bertambah sehingga harganya tidak melonjak.

"Dan saat panen petani baik, kami dapat menyerapnya dengan harga yang sesuai," kata Arif.

Bendungan Lau Simeme dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera II Ditjen Sumber Daya Air.

Bendungan berkapasitas tampung 21,07 juta meter kubik dan mampu mengalirkan air 3.000 liter per detik tersebut didirikan untuk menunjang pemenuhan kebutuhan air baku, pengendalian banjir, penghasil energi serta pariwisata untuk menumbuhkan perekonomian.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menegaskan, bendungan tersebut juga akan dilengkapi dengan jaringan irigasi sebagai bagian dari upaya pengelolaan sumber daya air dan irigasi demi mendukung produksi pertanian berkelanjutan.

"Pembangunan bendungan akan diikuti dengan ketersediaan jaringan irigasinya. Dengan demikian bendungan yang dibangun dapat segera dimanfaatkan karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani," tutur Basuki.

Bendungan Lau Simeme merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN), yang ditetapkan oleh Presiden Joko Widodo, dan mulai dikerjakan pada 2017 dengan biaya sekitar Rp1,3 triliun.

Bendungan tersebut didesain dengan tipe zonal timbunan batu yang memiliki tinggi 69,50 meter dari sungai, panjang puncak bendungan 205 meter dan luas area genangan 125,84 hektare.

Kementerian PUPR menargetkan pembangunan Bendungan Lau Simeme tersebut rampung pada semester pertama tahun 2024.

Baca juga: Kementerian PUPR: Konstruksi Bendungan Lau Simeme Sumut selesai 2024
Baca juga: Kementerian PUPR targetkan bendungan Lau Simeme di Sumut rampung 2023


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023