Jakarta (ANTARA) - Kedutaan Besar Republik Indonesia di Doha sukses menggelar pesta olahraga Masyarakat ASEAN di Qatar yang bertajuk ASEAN Community Sports Day (ACSD).

Duta Besar RI untuk Qatar,Ridwan Hassan dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu, mengatakan acara ASEAN Community Sports Day digelar untuk meneguhkan semangat persaudaraan sesama masyarakat ASEAN di Qatar dan memperkenalkan budaya ASEAN pada penduduk Qatar.

“Kegiatan ini adalah upaya Indonesia untuk meneguhkan semangat persaudaraan sesama masyarakat ASEAN di Qatar. Lebih dari itu, ACSD juga adalah usaha kita untuk mempromosikan ASEAN kepada publik di Qatar” ucap Ridwan.

Kegiatan yang berlangsung pada 1 Desember 2023 tersebut diikuti oleh tujuh negara ASEAN yaitu Indonesia (tuan rumah), Brunei, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Vietnam.

Kegiatan digelar di Sports and Wellness Center, University of Doha for Science dan Technology (UDST). Pembukaan ACSD berlangsung meriah dengan dihadiri oleh tujuh Duta Besar ASEAN yang ada di Qatar.

Hadir pula Rektor UDST dengan didampingi pejabat dari Kementerian Kebudayaan setempat.

Peserta dari negara Asia Tenggara di ASEAN Community Sports Day yang digelar di University of Doha, Jumat (1/12/2023) (ANTARA/HO-KBRI Doha)
Komunitas ASEAN adalah salah satu komunitas terbesar di Qatar. Angka masyarakat ASEAN di Qatar saat ini mendekati 300.000 orang dengan komunitas Filipina adalah yang terbesar, disusul oleh Indonesia.

ACSD tahun 2023 adalah yang pertama diadakan dan langsung mendapat sambutan luar biasa. Sekitar 232 pemain terlibat dan lebih dari 500 penonton turut memeriahkan turnamen ini.

Mereka yang datang ke ACSD tidak hanya untuk memberikan dukungan bagi tim kesayangannya tetapi juga untuk menikmati bazar makanan dari negara-negara ASEAN.

“Ini adalah salah satu perayaan terbesar yang pernah digelar oleh masyarakat ASEAN di Qatar. Indonesia bangga menjadi tuan rumah. Ini bukan kerja KBRI sendiri, tapi, merupakan kerja kolektif bersama masyarakat Indonesia di Qatar.” ujar Pelaksana Fungsi Pensosbud KBRI Doha sekaligus Penanggungjawab Kegiatan Ali Murtado.

Turnamen itu mempertandingkan berbagai cabang olahraga seperti sepak bola, badminton, bola voli, bola basket, tenis meja dan tarik tambang. Indonesia keluar sebagai juara umum dengan meraih tiga medali emas, termasuk dari cabang paling bergengsi sepak bola.

Baca juga: Berburu sate ayam dan bakso Indonesia di Doha Qatar

Baca juga: KBRI Doha: Program "Years of Culture" sebagai promosi budaya Indonesia

Baca juga: KBRI Doha dan Doha Film Institute tayangkan film Indonesia di Qatar


Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023