Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa terjadi di DKI Jakarta pada Rabu (6/12) mulai dari DPRD DKI Jakarta mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Perubahan Bentuk Hukum Perseroan Terbatas Food Station Tjipinang Jaya hingga BNN Provinsi DKI Jakarta mengadakan tes urine untuk lurah dan camat di Jakarta Pusat (Jakpus) sebagai bentuk pencegahan pemakaian narkoba.

 

Berikut rangkuman berita kemarin selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca kembali.

 

1. DPRD DKI sahkan Perda tentang Food Station hingga energi daerah

DPRD DKI Jakarta mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Perubahan Bentuk Hukum Perseroan Terbatas Food Station Tjipinang Jaya, Rencana Umum Energi Daerah (RUED) dan Pajak dan Retribusi Daerah.

"Kami ingin menanyakan kepada forum rapat paripurna dewan yang terhormat apakah tiga perda ini disetujui?" tanya Wakil Ketua DPRD DKI Rani Mauliani dalam rapat paripurna di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya klik di sini

  2. Heru optimis Perda Pajak dan Retribusi dapat tingkatkan PAD

Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono optimistis Peraturan Daerah (Perda) tentang Pajak dan Retribusi Daerah dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk membiayai pembangunan.

"Harapannya, dapat memberikan kepastian terkait subjek, objek, tarif, dan dasar pengenaan pajak, serta meningkatkan akuntabilitas, kesesuaian karakteristik pungutan, dan kepastian hukum dalam pemungutan retribusi. Hal ini dilakukan secara berkesinambungan, karena sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," kata Heru dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya klik di sini


3. Heru: Perubahan status hukum Food Station untuk ketahanan pangan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut perubahan status hukum PT Food Station Tjipinang Jaya menjadi PT Food Station Tjipinang Jaya (Perseroan Daerah) bertujuan untuk mengoptimalkan ketahanan pangan.

"Harapannya kinerja bisa optimal dengan demikian ketahanan pangan bisa terwujud," kata Heru dalam rapat paripurna di Gedung DPRD DKI, Jakarta Pusat, Rabu.

Berita selengkapnya klik di sini

  4. Jakarta punya peran strategis sebagai pendukung ekonomi nasional

DKI Jakarta memiliki peran strategis sebagai pendukung ekonomi nasional karena terbukti kontribusi tinggi pada sektor tersebut, kata Asisten Perekonomian dan Keuangan Sekretariat Daerah Pemerintah Provinsi DKI Jakarta Sri Haryati.

"Kami di Pemprov DKI Jakarta bersama para pemangku kepentingan mempunyai tanggung jawab yang sangat besar untuk membuat Indonesia tetap tumbuh ekonominya dan stabil inflasinya," kata Sri dalam seminar daring "Outlook Jakarta 2024" di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya klik di sini


5. BNN DKI tes urine lurah dan camat di Jakpus cegah pemakaian narkoba

Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi DKI Jakarta mengadakan tes urine untuk lurah dan camat di Jakarta Pusat (Jakpus) sebagai bentuk pencegahan pemakaian narkotika dan obat-obatan (narkoba).

"Hal ini sebagai bentuk deteksi dini pencegahan di kalangan pegawai Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta," kata Koordinator Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNN DKI Joko Purnomo di Jakarta, Rabu.

Berita selengkapnya klik di sini

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2023