Dengan dibangun SPAM Kali Dendeng berkapasitas 150 liter/detik sangat membantu Kota Kupang
Jakarta (ANTARA) - Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menyebutkan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Kali Dendeng akan meningkatkan layanan air minum, yang aman bagi masyarakat di Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Daerah di sini sangat membutuhkan air karena sumber yang ada terbatas. Cakupannya hanya 10 persen saja, tetapi dengan dibangun SPAM Kali Dendeng berkapasitas 150 liter/detik sangat membantu Kota Kupang," ujar Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti di Jakarta, Kamis.

Diana mengatakan SPAM Kali Dendeng yang dilengkapi dengan sistem modern dengan kontrol melalui SCADA bisa menghasilkan air bersih yang berkualitas dan bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat Kota Kupang.

SCADA merupakan suatu sistem yang mengontrol dan memonitor, serta mengakuisisi data dari suatu sistem pengolahan sumber daya air dari hulu hingga hilir.

SPAM Kali Dendeng dibangun Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) NTT Ditjen Cipta Karya dengan kontraktor PT Nindya Karya sejak 2020 dan telah selesai pada 2022.

Pembangunan SPAM Kali Dendeng menggunakan APBN senilai Rp173 miliar yang digunakan untuk pembangunan intake, bak prasedimentasi, instalasi pengolahan air minum (IPA), reservoir berkapasitas 1.000 m3 di Alak Baru, reservoir kapasitas 100 m3, beserta jaringan perpipaan transmisi dan distribusi.

SPAM Kali Dendeng memiliki kapasitas 150 liter/detik dapat menambah cakupan layanan air minum perpipaan di 3 kecamatan Kota Kupang, yakni Alak 17,8 persen, Kota Lama 2,1 persen, dan Kota Raja 8,5 persen dari total layanan 15.000 sambungan rumah (SR).

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengatakan pembangunan SPAM Kali Dendeng diharapkan dapat menjawab masalah air yang kerap menjadi persoalan warga NTT pada musim kemarau, baik untuk keperluan rumah tangga maupun irigasi pertanian.

Menurut Presiden, pengembangan SPAM harus dilanjutkan agar seluruh potensi kapasitasnya bisa termanfaatkan.

Baca juga: Menteri PUPR: SPAM Batu Mentas tingkatkan akses air di KSPN Babel
Baca juga: Kementerian PUPR targetkan proyek SPAM Jatiluhur I selesai tahun depan
Baca juga: Kementerian PUPR: SPAM Regional Mebidang layani 88.000 sambungan rumah

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023