Praya, Lombok Tengah (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) menjalin kerja sama dengan Universitas Indonesia di bidang pendidikan dan pengembangan masyarakat dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia (SDM).

"Maksud kesepakatan bersama ini adalah sebagai pedoman dalam melakukan kerja sama di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat seperti halnya melakukan kuliah kerja nyata di Kabupaten Lombok Tengah," kata Bupati Lombok Tengah H Lalu Fathul Bahri di Praya, Kamis.

Penandatanganan memorandum of understanding (MoU) dengan Universitas Indonesia (UI) di bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat dilakukan di Kampus Universitas Indonesia di Jakarta.

Dalam kesepakatan itu disebutkan para pihak berencana untuk mengadakan kerja sama secara kelembagaan tanpa mengganggu tugas pokok masing-masing pihak, yang meliputi pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

"Tujuan kesepakatan bersama ini untuk terciptanya sumber daya manusia yang berkualitas dan pembinaan hubungan kelembagaan dalam rangka mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas bersama dan untuk meningkatkan kualitas pelaksanaan tugas dan fungsi kedua belah pihak sesuai kewenangan yang dimiliki," katanya.

Baca juga: Pemkab Lombok Tengah mengalokasikan Rp200 miliar turunkan kemiskinan

Berdasarkan hasil kesepakatan tersebut, sesuai dengan kedudukan dan kewenangan masing-masing, kedua belah pihak setuju dan sepakat untuk melaksanakan kesepakatan bersama tentang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat

"Objek kesepakatan bersama kami ini adalah kerja sama bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat, dimana nanti mahasiswa UI melakukan pengabdian Tri darma perguruan tinggi di Lombok Tengah atau sebaliknya kami bisa mengirim ASN untuk pasca sarjannya di UI, ini salah satu model kerjasama kami disamping juga kerjasama lainnya," katanya.

Menurut Bupati ruang lingkup kesepakatan bersama ini meliputi penyelenggaraan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pelatihan. Selain itu, penyelenggaraan kolaborasi riset dan pengembangan sumber daya, penyelenggaraan kegiatan ilmiah, seminar dan lokakarya serta implementasi program merdeka belajar.

"Kita berharap kerja sama ini dapat bermanfaat bagi Kabupaten Lombok Tengah," katanya.

Baca juga: Bappenda Lombok Tengah: Pajak MotoGP di Mandalika 2023 belum diterima
 

Pewarta: Akhyar Rosidi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023