IKN ini adalah undang-undang, siapa pun yang menjadi presiden harus melaksanakan ini
IKN (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengatakan implementasi teknologi di Ibu Kota Negara Nusantara pada masa mendatang yang didasari dari konsep Rumah Teknologi perlu dilakukan monitoring secara berkelanjutan demi pembangunan yang lebih baik.

"Konsep itu mesti betul-betul diimplementasikan dengan pengawalan yang sangat bagus karena kita sedang membuat mimpi besar akan kemajuan teknologi masa depan yang belum ada di dunia dan direncanakan dari nol," ujar Ganjar saat mengunjungi Rumah Teknologi di IKN Nusantara, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis.

Ganjar menambahkan mimpi besar bangsa Indonesia dalam mewujudkan IKN patut didukung seluruh unsur negara, mulai dari pemerintah, investor, hingga masyarakat lokal.

"Artinya, seluruh partisipasi betul-betul dibutuhkan sehingga semua harus mempersiapkan diri, termasuk satu mungkin yang perlu kita ajak kita libatkan di tengah gebyar teknologi adalah masyarakat lokal, agar kemudian dia bisa join in dan kelak kemudian sense of belonging-nya itu juga dimiliki," katanya.

Baca juga: Ganjar ingin gunakan APBN bangun aset negara di IKN

Oleh karena itu, Ganjar menegaskan komitmennya untuk melanjutkan pembangunan IKN sesuai amanat undang-undang. Selain itu, pentingnya kesiapan sumber daya manusia dalam menyambut Indonesia gemilang.

"Ya, saya orang yang dari awal konsisten, bahwa sesuatu regulasi yang sudah dibuat dan disepakati harus dilaksanakan. Maka IKN ini adalah undang-undang, siapa pun yang menjadi presiden harus melaksanakan ini, tidak bisa tidak," pungkas Ganjar.

Rumah Teknologi adalah tempat edukasi mengenai konsep perkembangan IKN sekaligus wadah konseptual yang akan diimplementasikan di IKN.

Beraneka macam teknologi dimunculkan di tempat itu, mulai dari asal Amerika, Inggris, hingga Indonesia dengan tujuan meningkatkan kualitas hidup pada masa mendatang serta perwujudan kota cerdas.

Baca juga: Selain Jokowi, Ganjar ajak presiden-presiden sebelumnya bahas IKN

Sebelum ke IKN, Ganjar Pranowo memulai rangkaian kegiatan kampanyenya di Kalimantan Timur pada Selasa (5/12), dengan berkunjung ke beberapa tempat di Kota Balikpapan.

Kemudian pada Rabu (6/12), Ganjar menyambangi Kesultanan Kutai Kartanegara dan Samarinda.

KPU telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Ganjar: Seoptimal mungkin bangun IKN pakai kekuatan sendiri
Baca juga: Ganjar: Percepatan IKN bisa libatkan lebih banyak masyarakat lokal
Baca juga: Ganjar bakal lanjutkan program yang sudah baik di IKN

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023