Kami ingin menciptakan iklim wisata yang aman dan nyaman sekaligus menjamin keselamatan wisatawan
Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, meminta para pemilik jeep untuk menciptakan iklim wisata aman dan nyaman sekaligus menjamin keselamatan wisatawan di Gunung Bromo.

Untuk memastikan kelayakan kendaraan jeep yang beroperasi di kawasan Bromo maka Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Probolinggo melakukan uji kir pada transportasi jeep dengan menggunakan alat Portabel Brig Tester di Desa Jetak Kecamatan Sukapura, Kamis.

"Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wujud kerja sama yang positif antara Pemerintah Kabupaten Probolinggo dengan pelaku usaha transportasi jeep Bromo," kata Penjabat Bupati Probolinggo Ugas Irwanto saat meninjau secara langsung pelaksanaan kir di Desa Jetak.

Pelaku usaha transportasi jeep dapat mengikuti uji kir tanpa harus ke Balai Uji Kendaraan Bermotor di Desa Alassumur Kulon Kecamatan Kraksaan, sehingga bagi pemilik jeep yang berada di Desa Ngadirejo, Ngadas, Jetak, Wonotoro, Wonokerto, dan Ngadisari bisa melaksanakan uji kir di sana.

"Kami ingin menciptakan iklim wisata yang aman dan nyaman sekaligus menjamin keselamatan wisatawan, oleh karena itu perlu dilakukan pengujian kendaraan jeep dengan sistem jemput bola yang menggunakan alat uji Portabel Brig Tester," tuturnya.

Ia menjelaskan kendaraan jeep yang dipergunakan untuk mengangkut orang, khususnya mengangkut para wisatawan yang menuju tempat wisata Bromo itu haruslah kendaraan yang dalam kondisi layak jalan.

Baca juga: Kawasan Bromo bebas kendaraan bermotor saat Wulan Kapitu

Baca juga: Balai Besar TNBTS tidak tambah kuota wisatawan saat libur akhir tahun


"Tentunya harus dilakukan pengujian secara berkala yaitu setiap enam bulan sekali demi keamanan dan kenyamanan para wisatawan domestik maupun mancanegara," katanya.

Ia berharap ke depan harus lebih memperkuat sinergi, kolaborasi dan koordinasi bersama antara pemangku kepentingan terkait seperti TNBTS, Kementerian LHK dan pemerintah daerah yang berada di sekitar wilayah Bromo bersama-sama menciptakan jaminan keselamatan dan kenyamanan dalam berwisata di Bromo Tengger Semeru sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Probolinggo Edy Suryanto mengatakan uji kir kendaraan jeep penting, sehingga pihaknya memberikan layanan uji kir kendaraan bermotor dengan mendatangkan Portable Brig Tester ke pelaku wisata Bromo di Kecamatan Sukapura.

"Kegiatan itu bertujuan memberikan jaminan keselamatan secara teknis terhadap pengguna kendaraan bermotor, baik pengemudi maupun penumpang yang menggunakan jeep khususnya di kawasan wisata Bromo," ujarnya.

Baca juga: Balai Besar TNBTS catat kunjungan wisatawan ke Bromo mulai pulih

Baca juga: Kemenparekraf siapkan langkah dongkrak kunjungan wisatawan ke Bromo

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023