“Akan ada kegiatan perayaan Natal di tanggal 25 Desember yang harus kami amankan dan kemudian nanti di akhir tahun akan terjadi kegiatan masyarakat yang akan melaksanakan perayaan akhir tahun, dan itu semua menjadi satu rangkaian kegiatan yang harus
Jakarta (ANTARA) - Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo memastikan kesiapan pengamanan natal dan tahun baru berjalan dengan baik sehingga aktivitas masyarakat yang ingin beribadah ataupun berlibur dapat berjalan dengan lancar.

“Akan ada kegiatan perayaan Natal di tanggal 25 Desember yang harus kami amankan dan kemudian nanti di akhir tahun akan terjadi kegiatan masyarakat yang akan melaksanakan perayaan akhir tahun, dan itu semua menjadi satu rangkaian kegiatan yang harus kami amankan,” kata Sigit di sela-sela rapat koordinasi lintas sektoral Operasi Lilin 2023 dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru 2024 di Jakarta, Kamis.

Jenderal polisi bintang empat itu menyebut data dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) akan ada peningkatan mobilisasi masyarakat pada saat libur Natal dan Tahun Baru 2024 yang perlu di antisipasi oleh semua pihak yang terlibat pengamanan.

Selain itu, pengamanan natal dan tahun baru juga berbarengan dengan tahapan Pemilu 2024 yang sedang berjalan. Oleh karena itu perlu dipastikan pelaksanaan pengamanan agar aktivitas masyarakat berjalan lancar.

“Kami harus berikan pelayanan sehingga seluruh aktivitas kegiatan masyarakat pada saat natal dan tahun baru semuanya bisa berjalan baik,” kata Sigit.

Mantan Kabareskrim Polri itu juga mengatakan kesiapan pengamanan tidak hanya dari sisi kelancaran arus lalu lintas, tetapi juga mencakup antisipasi bencana alam yang dimungkinkan terjadi selama akhir tahun.

Segala persiapan menghadapi bencana juga dibahas dalam rakor lintas sektoral dalam rangka pengamanan natal dan tahun baru.

“Kita mulai menghadapi situasi hujan yang dalam satu bulan ini kita melihat ada beberapa wilayah yang terdampak apakah banjir, longsor dan ini semua menjadi bahan untuk kita rapatkan sehingga terhadap masalah-masalah yang mungkin akan muncul ini semua bisa kita pecahkan bersama,” katanya

Sigit memastikan seluruh pemangku kepentingan terkait siap untuk mengamankan perayaan natal dan tahun baru sesuai tugas pokoknya masing-masing.

“Tentunya seluruh stakeholder yang ada betul-betul bisa memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat yang akan melaksanakan kegiatan natal dan tahun baru,” ujarnya.

Dalam pengamanan natal dan tahun baru, Polri melaksanakan operasi terpusat Operasi Lilin 2023 yang juga dilaksanakan di 34 polda jajaran.

Sigit berharap melalui operasi dalam jumlah besar yang melibatkan personel dari TNI, Polri dan kementerian, lembaga terkait dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Harapan kita gelaran operasi ini betul-betul bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dalam tahapan pelaksanaan kegiatan yang ada” katanya.

“Karena memang banyak hal-hal lain yang juga harus kami amankan dan ini menjadi satu kesatuan kegiatan yang tentunya ini menjadi komitmen kami bersama untuk melakukan kesiapan-kesiapan dengan baik,” kata Sigit menambahkan.

Turut hadir dalam rapat koordinasi tersebut, Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo, perwakilan dari Basarnas, BMKG, Pertamina dan Jasamarga.

 

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023