Beijing (ANTARA) - China akan melakukan kampanye pemeriksaan di kota-kota setingkat prefektur ke atas guna mengevaluasi dan meningkatkan lingkungan hidup penduduk kota, demikian menurut pedoman baru dari kementerian yang dirilis pada Rabu (6/12).

Kampanye ini diharapkan dapat membantu mengoptimalkan struktur perkotaan, meningkatkan fungsi perkotaan, serta meningkatkan kualitas kehidupan perkotaan, sehingga dapat membangun kota yang layak huni, tangguh, dan cerdas, seperti tertulis dalam pedoman dari Kementerian Perumahan dan Pembangunan Perkotaan-Pedesaan China.

Berbagai upaya harus dilakukan untuk mengidentifikasi mata rantai yang lemah yang memengaruhi daya saing, daya dukung, dan pembangunan berkelanjutan perkotaan, papar dokumen tersebut.

Distrik dan departemen terkait harus mengembangkan langkah-langkah spesifik dan cepat untuk mengatasi masalah-masalah yang muncul selama pemeriksaan, terutama yang berkaitan dengan keselamatan, kesehatan, dan isu-isu yang menjadi kekhawatiran publik secara khusus, tambahnya.

Tingkat urbanisasi di China saat ini mencapai lebih dari 60 persen. Negara tersebut memulai pemeriksaan pembangunan perkotaan di beberapa kota percontohan pada 2018 dalam upaya meningkatkan kualitas urbanisasi.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2023