Nusa Dua, Bali (ANTARA) - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), melalui Direktorat Bioenergi Ditjen EBTKE berhasil menggondol predikat Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2023, yang diselenggarkaan oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB).
 
Dalam sambutannya, Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin, mengungkapkan bahwa kebijakan Reformasi Birokrasi (RB) tertuang ke dalam grand design RB 2010-2025 telah berjalan di koridor yang tepat dan mendekatkan pada cita-cita nasional untuk menuju birokrasi kelas dunia.

"Menjelang dua dekade penyelenggaraan RB, kini sudah banyak perubahan yang berarti. Instansi pemerintah yang mencapai nilai indeks reformasi birokrasi dan nilai akuntabilitas kinerja dengan kategori baik ke atas semakin meningkat, begitu pula dengan jumlah unit kerja percontohan yang mendapatkan predikat WBK dan wilayah birokrasi bersih melayani (WBBM) di sektor-sektor strategis," ujarnya ketika membuka acara Apresiasi dan Penyerahan Hasil Evaluasi Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), RB, dan ZI Tahun 2023 di Nusa Dua, Bali, Rabu (6/12).

Ia melanjutkan bahwa terjadi peningkatan kualitas birokrasi di Indonesia apabila dibandingkan dengan tahun 2022 lalu, dan itu didapatkan dari penilaian positif dari lembaga internasional. "Bank Dunia dalam rilis Worldwide Government Indicator (WGI) menempatkan Indonesia di posisi 73 dari 214 negara, dengan indeks efektivitas pemerintah indonesia pada tahun lalu 64,76, tahun ini meningkat menjadi 66,04," paparnya.

Sementara itu, Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas menyampaikan hasil evaluasi Zona Integritas tahun 2023, dimana sebanyak 85 unit kerja pemerintah berhasil meraih predikat WBK dan 24 unit kerja berhasil meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), tersebar pada 27 Kementerian/Lembaga dan 24 Pemerintah Daerah.

"Saya berharap peningkatan kualitas Reformasi Birokrasi serta raihan predikat WBK/WBBM tetap dipertahankan bahkan ditingkatkan di tahun-tahun yang akan datang" ujarnya.

Sementara itu, Direktur Bioenergi Edi Wibowo, mengungkapan rasa terima kasih atas dukungan dan kerja keras semua pihak dalam menyajikan pelayanan publik yang handal dan berintegritas, hingga berhasil meraih predikat WBK di tahun ini.

"Alhamdulillah Direktorat Bioenergi berhasil meraih predikat WBK. Upaya Keras yang telah kami jalankan dan akan terus diupayakan untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik kepada seluruh stakeholder dan masyarakat luas, dan semoga di tahun depan lebih banyak lagi unit kerja KESDM yang meraih penghargaan WBK dan WBBM," tuturnya.

Untuk diketahui, Penyerahan penghargaan ini merupakan apresiasi kepada instansi pemerintah yang telah memberikan upaya terbaik dalam mengelola birokrasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Pada tahun 2023, Direktorat Bioenergi menjadi satu-satunya unit kerja di Kementerian ESDM yang berhasil meraih penghargaan sebagai Unit Kerja Pelayanan Berpredikat menuju Wilayah Bebas dari Korupsi, yang mengambil tema "Dengan Semangat Transisi Energi, Melalui Layanan Perizinan Bahan Bakar Nabati, Direktorat Bioenergi Membangun Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Dari Korupsi".

Pewarta: PR Wire
Editor: PR Wire
Copyright © ANTARA 2023