"Di Malahayati kami pantau sampai berakhir acara tidak ada kampanye di sana, hanya menggelar dialog kebangsaan bersama mahasiswa,"
Bandarlampung (ANTARA) - Bawaslu Bandarlampung mengatakan bahwa kunjungan Calon Presiden Nomor Urut 1 Anies Baswedan ke Kampus Malahayati hanya melakukan dialog kebangsaan bersama mahasiswa.

"Di Malahayati kami pantau sampai berakhir acara tidak ada kampanye di sana, hanya menggelar dialog kebangsaan bersama mahasiswa," kata Anggota Bawaslu Bandarlampung Oddy Oddy Marsa JP di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan bahwa guna mengantisipasi adanya kampanye di Kampus Malahayati, Bawaslu Bandarlampung sudah memberikan imbauan sehari sebelumnya kepada tim kampanye daerah bahwa selain hari Sabtu dan Minggu tempat pendidikan tak boleh dipakai sebagai lokasi kampanye.

"Jadi sebagaimana Peraturan KPU Nomor 20 Tahun 2023, peserta pemilu boleh kampanye di tempat pendidikan tetapi di hari Sabtu dan Minggu. Sekarang masih Kamis maka dari itu kami sudah beri surat imbauan ke tim kampanye agar tidak kampanye," kata Oddy.

Bahkan, lanjut dia, selama memantau Capres Anies di Malahayati, Bawaslu Bandarlampung juga tidak menemukan alat peraga kampanye (APK) di lingkungan kampus swasta di kota ini.

"APK juga tidak kami temukan, artinya memang itu bukan kampanye. Karena memang pemberitahuan ke kami di Malahayati hanya kunjungan untuk dialog kebangsaan, namun memang harus diawasi," kata dia.

Sebab, lanjut Oddy, berdasarkan Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) yang diterima Bawaslu, hanya ada satu titik lokasi kampanye Capres Anies Baswedan di Kota Bandarlampung.

"Jadi STTP kampanye Anies hanya di Kopi Bento. Tetapi tim kampanye mereka juga memberitahu kami bahwa ada kunjungan ke Malahayati, dari dua lokasi yang didatangi Anies belum ada temuan, semua berjalan lancar," kata dia.


Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.


 

Pewarta: Dian Hadiyatna
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023