“Iya (ada mutasi) nanti Kabagpenum yang sampaikan ke rekan-rekan media,”
Jakarta (ANTARA) - Brigjen Aan Suhanan yang sebelumnya menjabat sebagai Direktur Penegakan Hukum (Dirgankum) Korlantas Polri ditunjukan sebagai Kepala Korlantas Polri (Kakorlantas) menggantikan Irjen Pol. Firman Shantyabudi yang memasuki masa pensiun.

Penunjukkan Brigjen Aan Suhanan sebagai Kakorlantas Polri tersebut tertuang dalam surat telegram kapolri nomor: ST/2750/XII/KEP/2023 tanggal 7 Desember 2023 yang ditandatangani oleh Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Irjen Pol. Dedi Prasetyo.

Brigjen Aan dimutasi bersama dengan 513 perwira Polri mulai dari perwira menengah sampai perwira tinggi yang tertera dari surat telegram kapolri tersebut.

As SDM Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo membenarkan terkait surat telegram mutasi dan rotasi sejumlah perwira Polri tersebut. Namun tidak merincikan terkait siapa saja perwira yang dimutasi.

“Iya (ada mutasi) nanti Kabagpenum yang sampaikan ke rekan-rekan media,” ujar Dedi singkat.

Selain Brigjen Aan, terdapat perwira tinggi dan perwira menegah Polri lainnya yang dimutasi, seperti Brigjen Pol. Adi Vivid Agustiadi Bachtiar yang dimutasi dari jabatan Direktur Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menjadi Wakapolda Daerah Istimewa Yogyakarta.

Kemudian, Irjen Pol. Andi Rian yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Kalimantan Selatan dimutasi sebagai Kapolda Sulawesi Selatan.

Termasuk di dalamnya Kombes Pol. Nurul Azizah yang menjabat sebagai Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri dimutasi sebagai Dirprog Sarjana STIK Lemdiklat Polri.

Adapun pejabat baru Kabagpenum Polri dipegang oleh Kombes Pol. Erdi Ardimurlan Chaniago yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagpenmanalis Romulmed DivHumas Polri.

Selanjutnya ada nama Kombes Pol. Hengky Haryadi yang dimutas dari Ditreskrimum Polda Metro Jaya menjadi penyidik tindak pidana utama di Bareskrim Polri.

Juga ada nama juru bicara Densus 88 Antiteror Polri Kombes Pol. Aswin Siregar yang sebelumnya menjabat sebagai pejabat sementara Kabagrenmin Densus 88 Antiteror, kini resmi menduduki jabatan tersebut.

Aswin mengaku meski resmi menjabat sebagai Kabagrenmin Densus 88 Antiteror Polri, dirinya tetap bisa dimintai konfirmasi terkait perkembangan berita penegakan hukum tindak pidana terorisme.

“Konfirmasi ke saya juga engak apa-apa,” ujar Aswin.

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023