Kami memberikan masukan untuk tidak hanya memindahkan, tetapi juga mengubah kualitas fasilitas kesehatan di area tersebut lebih merata
Samarinda (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kalimantan Timur Jaya Mualimin meminta penyediaan fasilitas kesehatan di wilayah Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tidak timpang dengan wilayah pendukung di sekitarnya.

Jaya mengharapkan Otorita IKN mempunyai perencanaan yang matang dalam pengembangan infrastruktur kesehatan, termasuk relokasi sejumlah fasilitas yang berdekatan dengan perbatasan IKN, di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kota Samarinda dan Kota Balikpapan.

"Kami memberikan masukan untuk tidak hanya memindahkan, tetapi juga mengubah kualitas fasilitas kesehatan di area tersebut lebih merata yang dapat mendukung kesejahteraan masyarakat," ujar Jaya selepas berpartisipasi secara daring diskusi kelompok terarah tentang peta alan fasilitas pelayanan kesehatan IKN di Samarinda, Kamis.

Salah satu fokus utama adalah Rumah Sakit Umum Daerah di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara menyusul pembangunan yang akan dilakukan oleh Kementerian Kesehatan.

Perencanaan terhadap penyediaan fasilitas kesehatan itu harus melibatkan Otoritas IKN untuk memastikan rumah sakit yang dibangun oleh pemerintah pusat di wilayah tersebut akan dikelola secara baik dan tidak hanya menjadi tanggung jawab pihak otorita.

Baca juga: OIKN: Progres pembangunan dua proyek di IKN alami kemajuan signifikan

"Kami juga menyatakan ke Otorita IKN agar mendatangkan dokter-dokter yang berkompeten dan memastikan fasilitas dan peralatan yang digunakan sudah canggih pada faskes di sana," katanya.

Keterlibatan Dinkes Kaltim dalam perencanaan, menurutnya, bertujuan memastikan layanan kesehatan yang disediakan benar-benar dapat memenuhi kebutuhan masyarakat setempat.

"Kehadiran faskes yang lengkap dan canggih di IKN tidak hanya vital untuk kesejahteraan penduduk setempat, tetapi juga sebagai langkah strategis dalam mendukung pertumbuhan dan pengembangan wilayah," ujarnya.

Jaya mengatakan pemerintah daerah telah merencanakan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur kesehatan, termasuk rumah sakit rujukan, puskesmas, dan klinik khusus, yang diharapkan dapat selesai dalam beberapa tahun mendatang.

"Itu adalah komitmen kami agar setiap warga negara memiliki akses ke layanan kesehatan berkualitas tinggi," katanya.

Dia menambahkan pembangunan fasilitas kesehatan layak di sekitar wilayah IKN dapat mendorong peningkatan ekonomi lokal, melalui penciptaan lapangan kerja dan penarikan investasi di sektor kesehatan.

Dampaknya, IKN bukan hanya menjadi pusat pemerintahan, melainkan juga pusat kesehatan yang unggul di kawasan Indonesia Tengah dan Timur.

"Terima kasih kepada Otorita IKN atas kesempatan sehingga Pemprov Kaltim, melalui Dinkes, memberikan masukan dukungan yang diberikan. Kami berharap lewat perencanaan yang baik, layanan kesehatan di Kalimantan Timur akan semakin unggul dan merata," ujar Jaya.

Baca juga: IKN dan 4 wilayah administratif Kaltim jadi pusat pertumbuhan regional
Baca juga: Bahlil: Groundbreaking investor asing di IKN berlangsung pada 2024

Pewarta: Arumanto
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2023