Jakarta (ANTARA) - Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 Mahfud Md mengatakan pihaknya akan berusaha memperjuangkan hak dan kesejahteraan para pekerja migran Indonesia (PMI), baik yang legal maupun yang masih dianggap ilegal.

Hal itu disampaikan Mahfud saat menghadiri acara shalawat dan istighasah kebangsaan di Malaysia, Kamis malam. Mahfud mengatakan pihaknya mengetahui ada banyak pekerja migran yang masih dianggap ilegal. Oleh sebab itu, dia akan memperjuangkan hak pekerja migran.

"Itu akan kami perjuangkan agar jadi legal. Sembari di Indonesia tetap dibuka juga lapangan kerja. Ini adalah tugas dan kewajiban negara, siapapun yang memimpin tidak boleh diabaikan," kata Mahfud melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Dalam kesempatan yang sama, Mahfud mengingatkan bahwa Warga Negara Indonesia (WNI) yang ada di Malaysia tetap merupakan warga negara yang mempunyai hak menikmati berkat dan rahmat Tuhan serta memiliki kewajiban terhadap keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Baca juga: Ganjar: Transformasi pemindahan Ibu Kota perlu pendidikan SDM lokal
Baca juga: Bawaslu minta publik hati-hati sebar informasi guna cegah hoaks Pemilu


Menurut Mahfud dalam upaya menjaga kelangsungan negara Indonesia WNI memiliki peran salah satunya dengan berpartisipasi memberikan suara pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dia mengajak WNI di Malaysia untuk menggunakan hak pilihnya dengan baik. Mahfud juga mengajak seluruh warga menyongsong Pemilu dengan berselawat agar pesta demokrasi tahun depan berjalan dengan damai dan bermartabat.

"Negara sudah menentukan calon-calon, silakan saudara pilih sendiri. Siapa yang paling tepat memimpin Anda dan jadi wakil Anda. Gunakan hak ini dengan sebaik-baiknya," ujar dia.

Acara shalawat dan istighasah kebangsaan di Malaysia itu turut dihadiri penceramah kondang K.H. Ahmad Muwaffiq atau dikenal sebagai Gus Muwaffiq, Gus Khoiron Zaini, politisi Partai Hanura sekaligus Kepala BP2MI Benny Rhamdani, politisi PDI Perjuangan Prasetyo Edhi Marsudi, serta perwakilan Majelis Pemuda Bersholawat At-Taufiq.

Sebagai bagian dari rangkaian kunjungannya ke Malaysia, Mahfud dijadwalkan menghadiri acara Dialog Kebangsaan bersama pelajar dan mahasiswa Indonesia se-Malaysia di The Ritz Carlton Malaysia serta akan melakukan pertemuan dengan PM Malaysia Anwar Ibrahim di Perdana Putra pada Jumat (8/12).

KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Anies: Empat kelompok harus dapat keamanan dan perlindungan ekstra
Baca juga: AHY ajak masyarakat Tangerang menangkan Prabowo-Gibran satu putaran


Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Gilang Galiartha
Copyright © ANTARA 2023