jika nilai integritas ASN Kemenhub rendah maka dapat menimbulkan krisis kepercayaan publik terhadap kinerja pemerintah.
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menekankan pentingnya meningkatkan integritas para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Kemenhub dalam rangka Peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Hakordia) yang diperingati setiap 9 Desember 2023.

“Semangat kita untuk menghubungkan Indonesia melalui kerja nyata membangun infrastruktur transportasi, harus diiringi dengan komitmen menjaga nilai integritas dan kejujuran,” kata Menhub Budi dalam keterangannya di Jakarta, Jumat.

Menhub mengatakan, jika nilai integritas ASN Kemenhub rendah maka dapat menimbulkan krisis kepercayaan publik terhadap kinerja pemerintah.

Baca juga: Kemenhub tingkatkan koordinasi kebijakan libur Natal dan Tahun Baru

Karena itu ia mengimbau ASN terus meningkatkan kinerja dengan integritas, serta berkomitmen menciptakan lingkungan kerja yang bersih dan bebas dari praktik korupsi.

"Hal ini Ini akan berkontribusi positif terhadap kepercayaan publik dan reputasi Kemenhub,” ujarnya.

Menhub berharap kolaborasi antara Itjen Kemenhub sebagai pengawas internal dengan seluruh unit kerja pusat dan daerah, maupun sinergi dengan lembaga negara terkait pengawasan, dapat terus ditingkatkan untuk mencegah praktik-praktik korupsi.

"Pendidikan antikorupsi juga sudah harus mulai diajarkan kepada para taruna/taruni sekolah-sekolah transportasi yang berada di bawah pengelolaan BPSDM sebagai upaya menanamkan kesadaran perilaku antikorupsi sejak dini," katanya.

Baca juga: Kemenag dan PPATK teken MoU pencegahan korupsi & pencucian uang

Sementara itu, Inspektur Jenderal Kemenhub Arif Toha menjelaskan, peringatan Hakordia tahun ini dimanfaatkan untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak, di antaranya melalui penandatanganan MoU/kerja sama antara Kemenhub dan LPSK, PPATK, serta Ombudsman RI.

Selain itu, momen ini dimanfaatkan juga untuk mengapresiasi unit kerja pusat dan daerah yang telah menunjukkan komitmennya untuk memerangi praktik korupsi melalui pemberian penghargaan kepada Unit Pelaksana Teknis (UPT) dengan kategori pelaporan unit pengendalian gratifikasi terbaik, yang diraih oleh UPP Kelas III Senayang, UPBU Kelas I Haluoleo Kendari, dan BPTD Kelas II Sumatera Selatan.

Kemudian kategori penyelesaian tindak lanjut hasil audit terbaik tahun 2022, yang diraih KSOP Kelas I Tanjung Emas Semarang, Poltek Trans SDP Palembang, dan UPBU Kelas III Kepi.

Dalam kegiatan ini, Itjen Kemenhub juga meluncurkan Sistem Informasi Pelaporan Gratifikasi (SIAGA) dan menggelar sejumlah perlombaan bertema antikorupsi.

Pewarta: Adimas Raditya Fahky P
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023