Magetan (ANTARA) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Menteri Desa PDTT) Abdul Halim Iskandar melantik sejumlah pejabat eselon 1 dan 2 lingkungan kementerian setempat yang dilaksanakan di Desa Wisata Sumberdodol, Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

"Ini kesekian kalinya kita lakukan pelantikan di tempat yang bagus. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya pelantikan ini dan untuk yang dilantik semoga menjadi berkah," ujar Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat pelantikan, Jumat.

Terdapat lima pejabat yang diambil sumpah dan dilantik dalam kesempatan itu. Mereka terdiri dari dua pejabat eselon 1 dan tiga pejabat eselon 2.

Adapun, pejabat eselon 1 antara lain F.X. Nugroho Setijo Nugroho dilantik menjadi Dirjen Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Yosep Fatria dilantik sebagai Staf Ahli Bidang Hukum dan Reformasi Birokrasi.

Sementara untuk pejabat eselon 2, terdapat Andi Nita Arie yang dilantik menjadi Kepala Biro Umum dan Layanan Pengadaan, Ruli Rachman dilantik sebagai Kepala Biro Hukum, serta Enirawan dilantik sebagai Kepala Balai Besar Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Baca juga: Mendes: Pembangunan desa berbasis teknologi pangkas waktu pembangunan

Mendes Abdul Halim Iskandar mengatakan pelantikan di lokasi tersebut harapannya mampu menggeliatkan ekonomi masyarakat, khususnya di Desa Wisata Sumberdodol.

"Pelantikan kali ini dilakukan di tempat yang luar biasa. Saya minta jabatan yang diterima dijalankan dengan sebaik baiknya untuk kepentingan masyarakat bukan untuk kepentingan pribadi masing-masing," kata Mendes Abdul.

Setelah melantik para pejabatnya Menteri PPDT bersama Pj Bupati Magetan Hergunadi melakukan penanaman pohon di area kolam sumber air Sorbendo dan pelepasan ikan koi di lokasi setempat.

seperti diketahui, Desa Sumberdodol telah menjadi salah satu ikon wisata di Magetan, dengan menjadi desa wisata. Desa wisata Sumberdodol juga merupakan desa yang dikembangkan menjadi "Smart Fisheries Village" atau Desa Perikanan Cerdas di bawah binaan Kementerian Kelautan dan Perikanan yang menggabungkan perikanan dengan penggunaan teknologi moderen guna meningkatkan produktivitas perikanan, utamanya ikan hias koi.

Desa Wisata Sumberdodol memiliki daya tarik wisata seperti Umbul Dampit, Sumber Air Sorbendo, Kolam Renang Tirto Mudho, dan wisata kuliner khas Magetan.

Baca juga: Mendes: Desa Wisata harus keluarkan keunikannya untuk tarik wisatawan

Baca juga: Mendes PDTT apresiasi penanaman pohon untuk perubahan iklim di NTB

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023