"Kami, akan terus melakukan patroli dialogis ini hingga pelaksanaan hari pencoblosan Pemilu 2024,"
Palembang (ANTARA) - Aparat Polres Musi Rawas, Sumatera Selatan melakukan patroli dialogis bertujuan mencegah konflik pemilihan umum (Pemilu) 2024 di wilayah itu.
 
Kapolres Musi Rawas AKBP Danu Agus Purnomo, Sabtu, mengatakan bahwa dalam upaya mengantisipasi potensi gangguan keamanan menjelang Pemilu, Polres Mura melakukan patroli dialogis ke kantor KPU dan Bawaslu, hingga gudang logistik di wilayah Kabupaten Musi Rawas (Mura).
 
"Kami, akan terus melakukan patroli dialogis ini hingga pelaksanaan hari pencoblosan Pemilu 2024," katanya.
 
Ia menjelaskan patroli dialogis ini merupakan bagian dari strategi preventif yang dijalankan oleh Polres Mura guna memastikan situasi keamanan dan ketertiban di sekitar kantor lembaga pemilu.
 
Kegiatan itu melibatkan personel kepolisian yang berinteraksi langsung dengan petugas di kedua kantor dan gudang logistik tersebut.
 
"Para personel saat menjalani tugas menyampaikan pesan penting terkait keamanan, kewaspadaan, serta kerjasama dalam menjaga suasana yang kondusif menjelang pemilu," katanya.
 
Ia menambahkan bahwa kantor KPU dan kantor Bawaslu serta gudang logistik menjadi sasaran patroli dialogis ini untuk memastikan bahwa lembaga terkait pemilu aman dari gangguan apapun sehingga terjaminnya proses demokrasi yang baik dan berkualitas.
 
Kendati demikian, menurutnya terciptanya situasi yang aman dan kondusif bisa terwujud apabila adanya kerjasama yang baik antara pihak keamanan Polres Musi Rawas, KPU, Bawaslu, Pemerintah daerah, hingga Kejaksaan Negeri Lubuk linggau.
 

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023