Jakarta (ANTARA) - Amerika Serikat dan Meksiko mengajukan diri menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia Putri 2027, demikian dua federasi sepak bola negara tersebut pada Jumat (8/12).

Pengajuan sebagai tuan rumah itu akan mendapat saingan dari Brazil dan tiga negara Eropa yaitu Belgia, Jerman, dan Belanda.

Apabila penawaran AS dan Meksiko dikabulkan maka hal itu akan memperpanjang kalender turnamen internasional di wilayah Amerika Utara.

Seperti diketahui, AS akan menjadi tuan rumah Copa America pada tahun depan, diikuti oleh Piala Dunia Klub pada 2025 sebelum Piala Dunia 2026 yang digelar bersama dengan Meksiko dan Kanada.

"AS dan Meksiko berada dalam posisi yang unik dalam menggelar Piala Dunia yang akan memanfaatkan arena, infrastruktur, dan protokol yang sama seperti yang digunakan dalam Piala Dunia Putra satu tahun sebelumnya," kata Presiden Federasi Sepak Bola AS Cindy Parlow Cone dikutip AFP.

"Sebagai hasilnya, kami yakin saat inilah yang tepat untuk menggelar Piala Dunia Putri FIFA yang akan menampilkan pengalaman kelas dunia bagi para pemain dan fan.

Baca juga: Tiga negara Eropa ingin jadi tuan rumah bersama Piala Dunia Putri 2027

"Ini tidak hanya akan membuka potensi ekonomi sepak bola putri, tapi juga akan mengirim pesan kepada para pemain muda di seluruh dunia bahwa tidak ada batas bagi mereka untuk berprestasi," kata dia.

Piala Dunia putri tahun lalu digelar di Australia dan Selandia Baru. Sedangkan AS telah menggelar turnamen tersebut dua kali yaitu pada 1999 dan 2003.

Terakhir kali Piala Dunia Putri digelar di daratan Amerika Utara adalah saat Kanada menjadi tuan rumah pada 2015.

AS menjadi negara paling sukses dalam sepak bola putri setelah menjadi juara dunia sebanyak empat kali.

Baca juga: Pengamat : Indonesia berpeluang jadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2025
Baca juga: Messi belum tutup pintu untuk Piala Dunia 2026

Pewarta: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023