Padang (ANTARA) - Ketua Dewan Pakar Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Sandiaga Salahuddin
Uno, mengatakan telah menyampaikan sejumlah masukan atau bekal kepada pasangan nomor urut 3 guna menghadapi debat perdana pada 12 Desember 2023.

"Sebagai Ketua Dewan Tim Pakar, saya sudah menyampaikan beberapa pandangan bahwa pemerintahan yang bersih, dan bebas korupsi harus disuarakan," kata Ketua Dewan Pakar TPN Ganjar Pranowo-Mahfud Md, Sandiaga S Uno di Padang, Sabtu.

Narasi pemerintahan yang bersih tersebut harus disampaikan secara tegas oleh pasangan Ganjar-Mahfud Md., sebab tak jarang adanya anggapan bahwa politik kerap bersinggungan dengan perilaku koruptif.

Menurut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut, pasangan nomor urut 3 harus bisa menjawab dengan tegas bagaimana menciptakan atau menghadirkan pemerintahan yang bersih tanpa korupsi.

"Ganjar-Mahfud harus bisa menjawab ini, sebab politik ini perjuangan dan ibadahnya adalah menghadirkan pemerintahan yang bersih dan bebas korupsi," ujarnya.

Pada debat perdana itu, Sandiaga menegaskan tidak mau sesumbar, meskipun dari ketiga pasangan calon, Mahfud Md merupakan satu-satunya calon yang pernah mengisi kursi legislatif, eksekutif dan yudikatif.

Tidak hanya itu, pengalaman Ganjar sebagai Gubernur Jawa Tengah dua periode dinilai Sandi juga menguasai topik atau tema pada debat perdana.

Tambahan informasi, KPU RI pada Senin (13/11) telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada Selasa (14/11) pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Muhammad Zulfikar
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023