Jakarta (ANTARA) - Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo menikmati momen akhir pekan dengan berbelanja di Mall Grand Indonesia, Jakarta, Sabtu, jelang debat Pilpres 2024.

Keterangan pers yang diterima di Jakarta, Sabtu, menyebutkan bahwa kegiatan tersebut dilakukan Ganjar tanpa pengawalan yang ketat. Dengan mengenakan celana jins, jaket, dan topi, capres nomor urut 3 itu berjalan santai di mal sambil melihat-lihat sejumlah barang.

Ganjar menyalami para pengunjung mal. Dia juga meladeni permintaan untuk foto bersama, termasuk dengan perempuan asal Korea yang mengaku menjadi penggemar Ganjar.

Perempuan itu bernama Haeyeon Kim (24) yang merupakan mahasiswa S3 Hankuk University of Foreign Studies. Dia mengaku pernah mengikuti pertukaran pelajar di Universitas Gadjah Mada (UGM) dan mengambil jurusan bahasa Indonesia.

Haeyeon juga mengagumi Alam Ganjar. Program siniar yang dibawakan Alam menjadi referensi Haeyeon dan beberapa pemuda di Korea untuk belajar bahasa Indonesia

"Pak, saya nge-fans sama bapak. Mamah saya juga di Korea tahu bapak. Pak, saya minta video untuk mamah saya, ya," ujar Haeyeon.

Ganjar pun melayani permintaan Haeyeon. Keduanya juga berbincang tentang budaya Korea dan Indonesia.

Sebelumnya, Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Novi Basuki mengatakan bahwa Ganjar Pranowo memilih beristirahat dan dijadwalkan menghadiri acara keluarga pada Sabtu atau pada hari ke-12 kampanye Pemilu 2024.

Pada Jumat (8/12), Wakil Ketua TPN Andika Perkasa juga telah menyampaikan bahwa Ganjar dan calon wakil presiden Mahfud MD akan mengurangi waktu di lapangan dan fokus menyiapkan diri untuk debat pertama yang dilaksanakan di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Selasa (12/12).

Pada 13 November 2023, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga bakal pasangan capres-cawapres yang menjadi peserta Pilpres 2024.

Berdasarkan hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar mendapatkan nomor urut 1. Sementara Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2 dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye yang dimulai pada 28 November 2023 dan berakhir pada 10 Februari 2024. Kemudian, jadwal pemungutan suara pada 14 Februari 2024.

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023