Jakarta (ANTARA) -
Relawan GatotKaca, sebagai salah satu kelompok relawan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, menggelar kompetisi desain Gemoy, Bocil, dan "Bobby The Cat".
 
Ketua Umum Relawan GatotKaca sekaligus Wakil Komandan Golf Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran, Indra Simarta, mengatakan bahwa lomba ini bertujuan memberikan kesempatan bagi para seniman untuk berkarya.
 
“Ini adalah inisiatif yang sangat positif dan kreatif. Kompetisi desain Gemoy, Bocil, 'Bobby The Cat' tidak hanya memberikan peluang kepada para seniman di Indonesia, tetapi juga membuka pintu bagi mereka yang berada di luar negeri untuk berpartisipasi," kata Indra dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.
 
Adapun pendaftaran dibuka sejak 8 Desember 2023 dan pengumpulan terakhir pada 2 Januari 2024. Sementara itu, pemenang akan diumumkan pada 22 Januari 2024.
 
Indra menyebut ada makna unik di baling angka 8 pada lini masa kompetisi ini. Angka 8, kata dia, bermakna Prabowo Subianto yang akan menjadi presiden ke-8.
 
"Secara keseluruhan, penggunaan angka-angka unik dalam timeline (lini masa) dan hadiah pada kompetisi desain ini memberikan nilai tambah pada acara tersebut," imbuh Indra.
 
Selain itu, hadiah juga diberikan dengan nominal unik, yakni Rp82.222.222, Rp28.222.222, dan Rp22.822.222, sementara pemenang favorit akan diberikan hadiah Rp2.222.222.
 
"Tidak hanya sebagai sebuah kontes desain, tetapi juga sebagai bentuk penghormatan terhadap sejarah dan peran penting yang dimainkan oleh tokoh-tokoh tertentu dalam acara tersebut," tuturnya.
 
Lebih lanjut, dia juga berharap para seniman bisa memanfaatkan momen target Indonesia Emas di era 5.0 dengan menggunakan teknologi kecerdasan artifisial (AI).
 
"Beradaptasi dengan teknologi ini akan membuka peluang baru, memperluas kreativitas, dan mendukung pencapaian prestasi yang lebih tinggi. Semoga kompetisi desain Gemoy, Bocil, 'Bobby The Cat' menjadi langkah awal untuk merangkul perubahan ini dan mendorong kolaborasi antara seniman dan teknologi AI," ujarnya.
 
Peserta diminta mengunggah karyanya di Instagram dengan menandai akun resmi Relawan GatotKaca. Nantinya, para peserta akan dinilai oleh aktor Fauzi Baadilla, pengusaha muda David Herson dan Puti Annisa, seniman Ade Habibie, serta design director Sasongko Dewantoro.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023