Menuju satu dekade PSI, saya ingin memperkenalkan sembilan program yang akan kami perjuangkan nanti di Senayan
Semarang (ANTARA) - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menawarkan sembilan program yang disampaikan-nya pada puncak perayaan hari ulang tahun (HUT) Ke-9 PSI di Stadion Jatidiri Semarang, Jawa Tengah.

"Menuju satu dekade PSI, saya ingin memperkenalkan sembilan program yang akan kami perjuangkan nanti di Senayan," kata Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep, saat perayaan HUT Ke-9 PSI, di Semarang, Sabtu.

Program pertama, kata Kaesang, yakni mendorong pengesahan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perampasan Aset Koruptor, sebab koruptor tidak takut dipenjara, melainkan takut miskin.

Kedua, memastikan kebebasan peribatan tanpa diskriminasi. Kemudian, program ketiga adalah memperjuangkan pendidikan setara dan berkualitas.

Baca juga: Prabowo apresiasi anak muda mau terjun politik

Baca juga: PSI rayakan puncak HUT ke-9 di Semarang


"Di manapun, sekolah, pesantren, madrasah, kolese, universitas, semuanya harus memiliki kualitas yang sama. Ini 'jalan ninja' kita mencerdaskan bangsa dan memberantas pengangguran," ujarnya.

Program keempat, memperjuangkan BPJS gratis yang diperuntukkan kepada masyarakat dari seluruh kalangan, baik buruh, nelayan, petani, mahasiswa, pedagang, hingga yang tidak bekerja sekalipun.

Kelima, putra bungsu Presiden RI Joko Widodo itu menawarkan percepatan kebijakan transisi energi terbarukan, dengan berada paling depan dalam menjaga lingkungan hidup dan isu perubahan iklim.

"Keenam, memperjuangkan kesetaraan hak akses internet. Semua warga negara, dari Aceh sampai Papua, setiap orang berhak mendapatkan akses informasi belajar, bekerja, dan berkembang," ucapnya.

Program ketujuh adalah pengembangan olahraga, musik, dan film, kata dia, dengan mengelola ketiga industri itu secara strategis agar menjadi budaya bangsa dan membuka lapangan pekerjaan.

Baca juga: PSI rayakan puncak HUT ke-9 di Semarang

Kedelapan adalah mendorong ketahanan pangan, mengingat Indonesia adalah wilayah yang subur sehingga tata kelola pupuk dan kebijakan pascapanen harus dibuat menguntungkan petani dan masyarakat.

"Program terakhir, melanjutkan dan menyempurnakan program dan kebijakan Presiden Jokowi, di antaranya meneruskan IKN (Ibu Kota Nusantara) dan infrastruktur desa," imbuhnya.

Selain itu, Kaesang juga menyebutkan target PSI untuk memiliki masing-masing satu fraksi di DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota pada Pemilu 2024.

"Kami juga ingin ada kepala daerah dari PSI di 2024. Kemudian, ada kader PSI di Pemilu 2024 yang menjadi Wakil Ketua DPR di Senayan. Semua itu akan kami mulai hari ini dari Kota Semarang menuju Indonesia," katanya.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023