Jakarta (ANTARA) - Luis Muriel mencetak gol penentu kemenangan 3-2 Atalanta atas tamunya AC Milan, pada pertandingan Liga Italia yang dimainkan di Stadion Gewiss, Bergamo, Sabtu waktu setempat atau Minggu dini hari WIB.

Tambahan tiga poin mendongkrak La Dea naik ke posisi ketujuh dalam klasemen sementara dengan 23 poin. Sedangkan Milan gagal memangkas jarak dengan dua tim teratas, yakni Juventus dan Inter Milan, dan harus tertahan di posisi ketiga dengan 29 poin, demikian catatan laman resmi Liga Italia.

Kekalahan keempat Milan di liga musim ini tersebut terjadi di waktu yang kurang tepat, menjelang pertandingan penting mereka melawan Newcastle United di ajang Liga Champions pada Rabu (13/12). Pasukan Stefano Pioli harus memenangi laga tersebut untuk menjaga peluang mereka lolos ke fase gugur.

Milan mengendalikan sebagian besar jalannya pertandingan, namun justru Atalanta yang memecah kebuntuan pada menit ke-38. Tembakan mendatar Ademola Lookman terdefleksi Fikayo Tomori, untuk mengecoh kiper Mike Maignan dan membuat bola bersarang di gawang tim tamu.

Rosonnerri terlihat akan menutup babak pertama dengan tertinggal satu gol. Meski demikian, Olivier Giroud berhasil menyamakan kedudukan pada menit keempat tambahan waktu babak pertama, saat sundulannya menyambut bola tendangan sudut Alessandro Florenzi merobek gawang Atalanta.

Atalanta langsung tancap gas setelah turun minum. Kiper Milan Maignan harus bekerja keras menghentikan sepakan pemain muda Milan Giorgio Scalvini.

Lookman merestorasi keunggulan Atalanta pada menit ke-55. Umpan silang kiriman Charles De Ketelaere dapat dimaksimalkan oleh pemain internasional Nigeria itu untuk mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan tuan rumah.

Keunggulan Atalanta hanya bertahan sampai menit ke-80. Umpan mendatar kiriman Christian Pulisic berhasil dimanfaatkan dengan sempurna oleh Luka Jovic. Itu merupakan gol kedua Jovic dalam dua laga secara berturut-turut.

Pemain pengganti Atalanta, Muriel, lantas menjadi pahlawan pada menit ke-95. Penyerang Kolombia itu berhasil memanfaatkan umpan terobosan Aleksey Miranchuk untuk mencetak gol kemenangan, sekaligus mengamankan kemenangan perdana Atalanta di liga sejak 30 Oktober silam.

Rival sekota Milan, Inter, dapat merebut posisi puncak klasemen seandainya mampu meraih satu poin saat menjamu Udinese pada pertandingan yang dimainkan lebih larut.

Juventus saat ini berada di posisi teratas setelah menang 1-0 atas juara bertahan Napoli pada Jumat (8/12).

Daftar pemain:

Atalanta: Juan Musso, Marten De Roon, Berat Djimsiti, Giorgio Scalvini, Davide Zappacosta, Ederson, Mario Pasalic, Matteo Ruggeri, Teun Koopmeiners, Charles De Ketelaere, Ademola Lookman

Pelatih: Gian Peiro Gasperini


AC Milan: Mike Maignan, A Florenzi, D Calabria, Fikayo Tomori, Theo Hernandez, Yunus Musah, Ruben Loftus-Cheek, Tijani Reijnders, Samuel Shukwueze, Olivier Giroud, Christian Pulisic

Pelatih: Stefano Pioli

Baca juga: Gol semata wayang Gatti bawa Juventus tundukkan Napoli 1-0

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023