Meskipun kami tidak bertanding di Pemilu 2024, kami siap berjuang bersama-sama
Jakarta (ANTARA) - Partai Pelita resmi memberi dukungan kepada pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) pada Pilpres 2024 karena sesuai dengan arah partai tersebut yang mengusung konsep perubahan.

"Meskipun kami tidak bertanding di Pemilu 2024, kami siap berjuang bersama-sama," kata Ketua Umum Partai Pelita Ari Chandra Kurniawan di Jakarta, Minggu.

Ari mengatakan meskipun partai yang dipimpinnya itu tidak menjadi peserta Pemilu 2024, semua mesin partai yang sudah ada di seluruh provinsi akan digerakkan untuk mendukung AMIN pada Pilpres 2024.

Menurut dia, dukungan yang diberikan kepada AMIN itu karena visi, misi, dan gagasan paslon tersebut sesuai dengan arah Partai Pelita. Sehingga, Partai Pelita kemudian menerbitkan dua surat keputusan (SK) yang menyatakan dukungan terhadap AMIN.

Setelah pengurus Partai Pelita resmi dilantik, partai tersebut mengeluarkan surat pertama untuk internal dan surat kedua untuk memberikan dukungan kepada AMIN.

"Jadi, dukungan ini langsung kami berikan kepada AMIN untuk menjadi presiden dan wakil presiden," tutur Ari.

Baca juga: Din Syamsuddin kukuhkan kepengurusan Partai Pelita

Sementara itu, Kapten Tim Nasional (Timnas) Pemenangan AMIN Marsdya TNI (Purn.) Muhammad Syaugi mengatakan dukungan dati Partai Pelita disambut sangat baik dan sebenarnya akan diterima secara langsung oleh capres Anies Baswedan.

"Sebenarnya, Pak Anies akan hadir di sini. Namun, karena ada kegiatan yang tidak bisa ditinggalkan, maka beliau mewakilkan kepada saya," kata Syaugi.

Sebelumnya, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pemilu 2024.

Tiga pasangan pasangan calon presiden dan wakil presiden itu adalah Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

KPU telah menetapkan masa kampanye sejak 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, lalu pemungutan suara yang dijadwalkan berlangsung pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga: Din Syamsuddin sebut Partai Pelita sasar pemilih milenial

Pewarta: Khaerul Izan
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023