Jakarta (ANTARA News) - Tendangan keras Philippe Countinho pada menit sembilan membawa Liverpool FC unggul 1-0 atas Indonesia XI pada babak pertama pertandingan persahabatan di Stadion Utama Gelora Bung Karno Jakarta, Sabtu mslsm.

Gol yang diciptakan oleh pemain dengan posisi gelandang ini sangat mengagetkan barisan pertahanan Indonesia XI. Apalagi tendangan Coutinho dilepaskan disela kepungan pemain belakang tuan rumah.

Indonesia XI yang tampil dengan menggunakan kostum Merah Merah Merah tampil cukup mengesankan diawal babak pertama. Masuknya Ahmad Bustomi di lini tengah membuat permainan lebih terbuka.

Begitu juga dengan keberadaan Titus Bonai di lini depan. Pemain Seman Padang itu begitu dominan dan sering menyulitkan barisan pertahanan anak asuh Brendan Rodgers. Hanya saja tekanan Indonesia XI belum membuatkan hasil.

Justru "The Reds" yang tampil lebih efisien. Lewat permainan cantik antara lini tengah dan depan akhirnya Countinho mampu memecah kebuntuhan dengan membobol gawang Kurnia Meiga pada menit sembilan setelah mampu memperdayai barisan pertahanan Indonesia XI.

Tertinggal 0-1 anak asuh Jacksen F Tiago tidak patah arang. Duet Sergio van Dijk dan Titus Bonai terus berupaya memberikan tekanan. Bahkan Titus Bonai dua kali berhadapan langsung dengan Simon Mignolet namun belum membuahkan hasil.

Berbeda dengan Liverpool FC. Unggul 1-0, Steven Gerrard dan kawan-kawan bermain lebih taktis dengan menampilkan bola dari kaki ke kaki. Hasilnya Luis Alberto nyaris menggandakan keunggulan pada menit 29. Hanya saja tendangan kerasnya hanya membentur mistar gawang Kurnia Meiga.

Tekanan dari The Reds terus dilakukan. Hanya saja tim tuan rumah tinggal diam. Serangan yang dibangun anak asuh Brendan Rodgers masih mampu dipatahkan oleh Kurnia Meiga sehingga belum mengubah kedudukan.

Mendekati akhir babak pertama anak asuh Jacksen F Tiago berusaha balik menyerang. Hanya saja hingga babak pertama usai kedudukan tetap 1-0 untuk keunggulan Liverpool FC.

Susunan pemain

Indonesia XI : Kurnia Meiga (pg), Ruben Sanadi, Victor Iqbonefo, M. Roby, Hasyim Kipuw, Taufik, Ahmad Bustomi, Raphael Maitimo, Vendry Mofu, Sergio van Dijk dan Titus Bonai.

Adapun susunan pemain Liverpool FC : Simon Mignolet (pg), Glen Johnson, Jose Enrique, Daniel Agger, Kolo Toure, Lucas Leiva, Steven Gerrard, Luis Alberto, Stewart Downing dan Coutinho.
(B016/C004)

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013