Jakarta (ANTARA) - Para pasangan calon presiden dan wakil presiden masih memanfaatkan momen kampanye di sejumlah wilayah pada Minggu (10/12) atau hari ke-13 kampanye meskipun jadwal debat perdana Pilpres 2024 semakin dekat.

Salah satunya, pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sama-sama menghadiri acara Konsolidasi Pemenangan Prabowo-Gibran di Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Ganjar Pranowo-Mahfud MD juga menjalankan aktivitas kampanye dengan lokasi terpisah. Pada Minggu (10/12), Ganjar berada di Jakarta, sementara Mahfud berada di Bandung, Jawa Barat.

Berbeda dengan dua paslon tersebut, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar kompak libur alias memilih untuk tidak melakukan kampanye. Keputusan itu dilakukan dalam rangka mempersiapkan diri untuk mengikuti debat Pilpres 2024.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan jadwal kampanye yang dimulai pada 28 November 2023 dan berakhir pada 10 Februari 2024, sementara pemungutan suara dilakukan pada 14 Februari 2024.

Berikut rangkuman aktivitas ketiga pasangan capres-cawapres pada hari ketiga belas kampanye atau pada Minggu (10/12) yang dapat kembali Anda simak.


Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar

Pasangan Anies-Muhaimin (AMIN) memilih libur dari aktivitas kampanye di lapangan. Mereka dijadwalkan mengadakan agenda pribadi. Baik Anies maupun Muhaimin, keduanya sedang mempersiapkan diri jelang debat perdana pada Selasa (12/12).

Meski begitu pada hari sebelumnya atau pada Sabtu (9/12), Anies-Muhaimin telah berkampanye secara terpisah masing-masing di Jawa Barat dan Sumatera Utara.

Anies sempat mengunjungi beberapa tempat di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, yang merupakan tanah kelahirannya. Kegiatan yang dilakukan Anies antara lain menyapa para pedagang di Pasar Kepuh, berziarah di petilasan Eyang Hasan Maolani Kuningan, serta berkampanye di GOR Ewangga.

Pada hari yang sama, capres nomor urut 1 itu juga berkampanye di Kota Cirebon dan ditutup dengan menghadiri acara Gema AMIN Bershalawat di Ponpes Da'arul Maarif, Kabupaten Indramayu.


Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka

Bertempat di Sentul International Convention Center (SICC), Kabupaten Bogor, Jawa Barat, paslon Prabowo-Gibran hadir bersama dalam acara konsolidasi yang bertajuk Waktunya Indonesia Maju pada Minggu (10/12) malam.

Konsolidasi tersebut diikuti ribuan relawan, simpatisan, dan kader yang mendukung Prabowo-Gibran. Hadir pula sejumlah pimpinan partai politik Koalisi Indonesia Maju. Konsolidasi bertujuan untuk memenangkan paslon nomor urut 2 itu pada Pilpres 2024.

Pada kesempatan tersebut, Prabowo dan Gibran menyampaikan pidatonya. Keduanya kembali menegaskan sejumlah program unggulan yang ditawarkan kepada masyarakat, salah satunya termasuk program makan siang dan susu gratis kepada anak-anak Indonesia sebagai upaya untuk menyiapkan generasi emas.


Ganjar Pranowo - Mahfud MD

Pada Minggu (10/12) pagi, capres Ganjar Pranowo mengisi kegiatan akhir pekannya dengan berolahraga mengitari kawasan hari bebas kendaraan bermotor (CFD) di sekitar jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta.

Pada kesempatan tersebut, Ganjar menuntaskan olahraga lari dengan jarak tempuh 8 kilometer. Usai mengakhiri kegiatan olahraganya, dia kembali ke rumahnya dengan menggunakan transportasi umum LRT.

Di kediamannya di Patra Kuningan, Jakarta, Ganjar juga sempat menemui ratusan nelayan yang tergabung dalam organisasi Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) dan Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI). Para nelayan tersebut menyampaikan aspirasinya tentang regulasi bidang kelautan yang dinilai tidak berpihak pada mereka.

Sementara itu, cawapres Mahfud MD melakukan sejumlah kegiatan selama singgah di Kecamatan Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, pada Minggu (10/12). Salah satunya yaitu menyaksikan 1.000 layang-layang yang mengudara di atas Lapangan Ariyanti. Pada kesempatan tersebut, Mahfud juga menyempatkan diri untuk ikut bermain layang-layang.

​​​​​​​Selama di Bandung, Mahfud juga mengunjungi kediaman Gubernur Jawa Barat periode 1970-1975 Solihin Gautama Purwanegara. Kunjungannya itu dalam rangka meminta doa restu dalam kontestasi Pilpres 2024. Merespon kunjungan Mahfud, keluarga Solihin GP dan perwakilan masyarakat Sunda pun memberikan ikat kepala sebagai bentuk dukungan simbolis kepada Ganjar-Mahfud.

Pewarta: Rizka Khaerunnisa
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023