Kupang (ANTARA) - Bupati Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Edistasius Endi mengajak calon wisatawan untuk menghabiskan waktu liburan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 dengan menikmati berbagai potensi wisata menarik di Labuan Bajo.

"Ayo berlibur ke Labuan Bajo karena banyak tempat wisata menarik di dalam kota dan desa-desa wisata yang cocok dikunjungi ketika liburan kali ini," kata Edistasius dari Labuan Bajo, Manggarai Barat, Senin.

Ia menyampaikan Labuan Bajo merupakan salah satu destinasi pariwisata super prioritas di Indonesia yang telah mendapatkan banyak dukungan pembangunan infrastruktur dari pemerintah pusat.

Labuan Bajo pun memiliki banyak tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, baik di dalam kota maupun di desa-desa wisata.

Di dalam kota Labuan Bajo, kata Edistasius, ada Puncak Waringin dan Gua Batu Cermin yang telah dikelola oleh pemerintah daerah. Puncak Waringin dapat menjadi tempat berfoto yang menarik di sore hari, sedangkan Gua Batu Cermin menjadi lokasi wisata sejarah alam.

"Selain menikmati dua tempat wisata itu, ada cinderamata yang bisa dibeli di lokasi itu sebagai hadiah bagi keluarga di rumah," kata Edistasius.

Selain dua tempat wisata yang dikelola pemerintah daerah itu, bupati juga mengajak masyarakat untuk melirik potensi desa-desa wisata. Dua desa wisata di Manggarai Barat yang sudah terkenal yakni Desa Wisata Coal dan Desa Wisata Loha.

Dengan konsep pariwisata berbasis masyarakat, maka wisatawan dapat tinggal di desa itu lalu menikmati berbagai aktivitas masyarakat desa, seperti mengolah kopi langsung dari kebun, bermain permainan tradisional, atau mengunjungi tempat wisata alam yang dikelola masyarakat desa.

"Jadi tidak hanya menikmati keindahan alam saja tapi juga mengenal tradisi masyarakat Manggarai," ucap dia.

Ia meminta para wisatawan untuk tidak khawatir ketika berlibur ke Labuan Bajo.

Selain menjamin kenyamanan dan keamanan, ia berpesan agar para wisatawan juga dapat melakukan mitigasi kejadian yang tidak diinginkan seperti penipuan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Ia pun menegaskan akan menindak tegas orang-orang yang sengaja melakukan perbuatan mencoreng nama baik pariwisata Labuan Bajo.

"Cari referensi agen perjalanan yang resmi. Ini penting agar para wisatawan tidak dirugikan ketika berlibur nanti," katanya berpesan.  

Pewarta: Fransiska Mariana Nuka
Editor: Evi Ratnawati
Copyright © ANTARA 2023