Tanggal 17 hingga 19 Desember itu sudah penuh ya tapi itu yang kursi ya, untuk minggu depan kami buka penjualan untuk nonkursi tambahan yang diberikan Kementerian Perhubungan sebanyak 47 persen dari kapasitas,
Batam (ANTARA) - PT Pelni cabang Batam, Kepulauan Riau, menyiapkan dua kapal penumpangan yaitu KM Kelud dan KM Doro Londa menghadapi arus mudik Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Kepala PT Pelni Cabang Batam Muhammad Iqbal di Batam, Senin, mengatakan kedua armada tersebut disiapkan untuk melayani rute dari Batam ke Belawan serta dari Batam ke Jakarta.

Ia menambahkan lonjakan penumpang terjadi pada Jumat (22/12) dengan jumlah penumpang diperkirakan mencapai 3.700 orang.

"Tanggal 17 hingga 19 Desember itu sudah penuh ya tapi itu yang kursi ya, untuk minggu depan kami buka penjualan untuk nonkursi tambahan yang diberikan Kementerian Perhubungan sebanyak 47 persen dari kapasitas," ujar Iqbal.

Baca juga: PT Pelni tambah kapal bagi warga NTT di liburan Natal-Tahun Baru

Ia memastikan pelayanan bagi penumpang Pelni berlangsung lancar dan nyaman, dengan menyediakan bus antar-jemput untuk mengangkut penumpang dari pintu masuk menuju dermaga kapal serta mobil pick up untuk mengangkat barang bawaan penumpang yang berukuran besar.

Dengan begitu, Iqbal mengimbau  calon penumpang Pelni yang belum mendapatkan tiket agar segera membeli tiket tambahan yang tersedia. "Agar tidak kehabisan, karena tinggi sekali minat penumpang Pelni di momen akhir tahun ini," ujar dia.

Sementara itu, untuk arus balik terakhir pascaperayaan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Iqbal memprediksi akan terjadi pada 6 Januari 2024.

"Arus balik diperkirakan pada 6 Januari dan itu terakhir karena sudah kembali berkegiatan bagi anak sekolah dan para pekerja," ujar Iqbal.

Pewarta: Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023