Saya mendapat informasi bahwa para buruh di Sumut dan Indramayu hari ini menggelar deklarasi dan disampaikan kepada pimpinan Partai Demokrat setempat,"
Cepu, Blora (ANTARA News) - Pengurus Partai Demokrat Sumatera Utara dan Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, kembali menerima dukungan atas pencalonan tokoh muda Moh Jumhur Hidayat dari kalangan buruh untuk mengikuti konvensi calon presiden setelah sebelumnya Jabar, Jakarta Utara, dan Riau.

"Saya mendapat informasi bahwa para buruh di Sumut dan Indramayu hari ini menggelar deklarasi dan disampaikan kepada pimpinan Partai Demokrat setempat," kata Jumhur menjawab wartawan di Cepu, Kabupaten Blora, Jateng, Minggu.

Informasi yang diterima Kepala Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) itu menyebutkan tidak kurang dari 12 elemen buruh di Sumatera Utara mengelar deklarasi dukungan di sebuah hotel di Medan dan pernyataan deklarasinya disampaikan kepada Wakil Ketua DPD Demokrat Sumut Ronald Naibaho untuk diteruskan ke Ketua Umum DPP Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono.

Deklarasi di Medan dari kalangan buruh itu disampaikan oleh panitia yang diketuai oleh Panitia Deklarasi Arsula Gultom dan disebutkan dari banyak nama yang beredar sebagai bakal capres 2014, figur Jumhur yang berasal dari kalangan perburuhan dinilai memiliki kredibilitas memperjuangkan aspirasi dan kesejahteraan kaum buruh ke depan.

Sementara itu di Kabupaten Indramayu, deklarasi dukungan untuk Jumhur disampaikan oleh para keluarga TKI yakni Keluarga Besar Persatuan Keluarga Buruh Migran Indonesia (PKBMI), Karang Taruna Tunas Muda serta tokoh masyarakat Indramayu dan sekitarnya,

Dari pernyataan deklarasi yang diperoleh, menyebutkan Jumhur figur tokoh nasional yang berasal dari kaum buruh.

Ketua PKBMI Indramayu Talan Anto Budianto menyatakan Jumhur telah membuktikan dirinya sebagai tokoh yang gigih dalam memperjuangkan peningkatan kesejahteraan serta perlindungan terhadap para TKI Idi luar negeri.

"Kami bangga Jumhur sebagai figur tokoh nasional yang berasal dari kaum buruh," kata Talan Anto Budianto.

Dukungan tersebut sebagai bentuk terima kasih buruh migran terhadap kiprah yang selama ini dilakukan Kepala BNP2TKI tersebut dalam meningkatkan derajat kehidupan kaum buruh migran Indonesia.

Pernyataan deklarasi yang dibacakan di depan ribuan anggota PKBMI tersebut selanjutnya diserahkan kepada pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten Indramayu.

Sebelumnya, pernyataan dukungan terhadap Jumhur dilakukan Aliansi Buruh Riau di Pekanbaru, Jumat (19/7) yang terdiri dari Konfederasi Serikat Buruh Sejahtera Indonesia (KSBSI), Gaspermindo, FPE (Federasi Pertambangan dan Energi) SBSI, NIKEUBA (Serikat Pekerja Niada Keuangan dan Perbankan) SBSI, Federasi Serikat Buruh KAMIPARHO (Pekerja Makanan Minuman Pariwisata dan Hotel) SBSI, serta FPKUI (Federasi Pekerja Konstruksi Umum Informal) SBSI.

Di Jakarta, dukungan terhadap Jumhur Hidayat disampaikan pada Kamis (18/7) oleh sejumlah elemen buruh antara lain Serikat Pekerja Maritim Indonesia (SPMI) Pelabuhah Tanjung Priok, Serikat Pekerja Tenaga Kerja Bongkar Muat Indonesia (SPTKBMI) Jakarta Utara, Pimpinan Unit Kerja (PUK) Terminal Petikemas Pelabuhan Tanjung Priok, Solidaritas Buruh Pelabuhan Indonesia (SBPI), dan Ikatan Komunitas Anak Priok (IKAPRI).

Deklarasi yang sama juga dilakukan sejumlah elemen buruh di Gelanggang Olahraga KONI Bandung, Minggu (7/7) yang diikuti ribuan anggota dan keluarga Aliansi Buruh Jawa Barat.
(B009/Z003)

Pewarta: Budi Setiawanto
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013