Jakarta (ANTARA) - Seratusan mahasiswa Papua yang kuliah di Universitas Kristen Indonesia (UKI), Jakarta meramaikan deklarasi Gerakan Anak Muda Indonesia (GEN-AMIN) di Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta Selatan, Senin.

Para pemuda yang berasal dari wilayah Indonesia Timur itu satu per satu memasuki ruangan deklarasi di Bengkel Space SCBD sejak pukul 17.00 WIB.

"Saya datang untuk kegiatan deklarasi. Saya sebagai anak bangsa menilai tiga calonnya bagus, namun saya bersimpati dengan Pak Anies dan wakilnya," kata Alfons Walilo, salah satu peserta.

Baca juga: Anies sebut "entrepreneur" mitra tingkatkan kesejahteraan

Berdasarkan informasi dari Kedeputian Media dan Komunikasi Tim Nasional (Timnas) Pemenangan Anies-Muhaimin (AMIN), deklaras jaringan sukarelawan itu dijadwalkan dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina GEN-AMIN Ahmad Sahroni.

Dari baliho dan spanduk yang bergelantungan di plafon lokasi acara, terlihat agenda tersebut bertemakan "Berhenti Mengutuk Gelap, Nyalakan Lilinmu!".

Selain mahasiswa, masyarakat umum yang didominasi milenial juga terlihat menghadiri kegiatan tersebut.

Baca juga: Anies sebut elektabilitas naik karena masyarakat sadar butuh perubahan

Dalam kegiatan itu, Ahmad Sahroni selaku politisi Partai Nasdem yang mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dijadwalkan juga akan menyampaikan visi dan misi perubahan yang digaungkan AMIN.

Bendahara Nasdem itu akan berdialog dengan para sukarelawan yang hadir, guna menguatkan orientasi mereka untuk memenangkan paslon AMIN.

Deklarasi dijadwalkan dimulai oleh panitia pada pukul 18.00 WIB. Namun hingga berita ini dibuat, kegiatan tak kunjung dimulai oleh panitia deklarasi.

Baca juga: Timnas AMIN: 820.000 posko TPS Gerakan Rakyat kawal Pemilu 2024

Sementara itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yakni Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD nomor urut 3.

Masa kampanye juga telah dijadwalkan mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Pewarta: Donny Aditra
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2023