Besok puncak Harbolnas mulai jam 12.00 malam sampai jam 12.00 malam hari berikutnya. Banyak produk UMKM yang bagus dengan harga ekonomis
Jakarta (ANTARA) - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengajak masyarakat memanfaatkan Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas) untuk berbelanja produk lokal, khususnya produk usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Pemerintah berharap UMKM semakin banyak bergabung ke platform niaga elektronik (e-commerce) agar semakin luas pemasarannya. Saat ini, pelaku UMKM sudah mulai merambah platform niaga elektronik dan mendapatkan berbagai macam manfaat terutama pasar yang semakin besar.

"Besok puncak Harbolnas mulai jam 12.00 malam sampai jam 12.00 malam hari berikutnya. Banyak produk UMKM yang bagus dengan harga ekonomis," ujar Zulkifli di Jakarta, Senin.

Zulkifli menyebut, perekonomian Indonesia ditopang oleh UMKM dengan kontribusi mencapai 60 persen dari produk domestik bruto (PDB) Indonesia. Menurutnya, UMKM merupakan kunci yang mampu mengantar Indonesia menjadi negara maju.

"Jadi UMKM sangat menentukan perekonomian Indonesia. Kuncinya UMKM maju, ekonomi maju," katanya .

Zulkifli menyatakan pelaku UMKM yang bergabung di lokapasar (marketplace) akan berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan seperti pengemasan, peningkatan kualitas, dan pemasaran produk.

Melalui e-commerce produk UMKM Indonesia bisa menembus pasar mana pun tanpa terhalang lokasi penjualan.

Harbolnas 2023 dilaksanakan selama tiga hari, yang terdiri dari Hari Belanja Online Produk Nasional dilaksanakan pada 10-11 Desember 2023 dan puncaknya Harbolnas pada 12 Desember 2023.

Kegiatan ini diikuti pelaku usaha yang berdagang melalui platform digital, dengan menyediakan berbagai bentuk fasilitas ruang promosi barang dan/atau jasa, khususnya produksi dalam negeri.

Baca juga: Harbolnas, TikTok Shop Indonesia dan GoTo resmi jalin kerja sama
Baca juga: Harbolnas 2023 siap digelar, target transaksi mencapai Rp25 triliun
Baca juga: Kemendag: "Road to Harbolnas" bentuk harmoni jualan daring dan luring
Baca juga: Shopee dan UMKM hadirkan produk perawatan diri untuk Harbolnas 12.12

 

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2023