Petugas medis di puskesmas saat itu harus bisa bekerja cepat menangani korban korban kecelakaan lalu lintas
Mukomuko (ANTARA News) - Pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memastikan sebanyak 17 puskesmas rawat inap dan jalan di daerah itu buka selama 24 jam saat mudik dan balik Idul Fitri 1434 Hijriah.

"Tidak ada puskesmas di daerah ini yang tutup selama mudik dan balik Lebaran," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuk Sabrin, di Mukomuko, Senin.

Bahkan, menurut dia, tugas dan tanggung jawab pihak puskesmas saat mudik dan balik Lebaran semakin besar, karena saat itu puskesmas dituntut tidak hanya sebatas tahu mengobati penyakit ringan saja tetapi mereka juga harus siap menangani jika ada kejadian di instalasi gawat darurat (IGD).

"Petugas medis di puskesmas saat itu harus bisa bekerja cepat menangani korban korban kecelakaan lalu lintas," katanya.

Untuk itu, ia menekankan kepada semua puskesmas terutama yang berada sepanjang Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) untuk mempersiapkan diri dalam memberikan pelayanan maksimal selama mudik dan balik Lebaran.

Selain pelayanan kesehatan di puskesmas, kata dia, saat mudik lebaran dinas juga akan menempatkan lima pos pelayanan kesehatan di Jalinsum guna memberikan kenyamanan bagi pemudik yang melintas di daerah itu.

Ia menyebutkan, lokasi penempatan lima posko kesehatan itu kalau dahulu satu di simpang Kasidi Kecamatan Air Rami, Simpang Desa Pondok Baru Kecamatan Teramang Jaya, Simpang Satuan Pemukiman (SP) satu Kecamatan Penarik, dekat stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) Air Punggur, dan simpang Lubuk Gedang.

Penempatan posko kesehatan itu di mulai pada H-7 dan H+7 Idul Fitri 1434 Hijriah.

Pewarta: Ferri Arianto
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013