Jakarta (ANTARA) - Lionsgate studio baru-baru ini mengumumkan tanggal perilisan “Saw XI" serta rencana untuk entri ke-11 dalam franchise horor yang sudah berjalan lama tersebut dan akan tayang di bioskop hanya sembilan bulan dari sekarang.

Ditulis laman Variety, proyek ini dikonfirmasi melalui unggahan Instagram pada Senin sore (11/12). Angka Romawi dengan latar belakang “Saw” yang menyeramkan menunjukkan tanggal rilis 27 September 2024, disertai dengan teks sederhana “Permainan berlanjut.”

Menetapkan tanggal untuk musim gugur mendatang adalah prestasi yang cukup mencengangkan, karena entri waralaba terakhir, “Saw X,” tayang di bioskop lebih dari dua bulan yang lalu pada tanggal 29 September.

Baca juga: SAW X, kembalinya teror mengerikan Jigsaw

Hal ini menunjukkan perubahan haluan yang cepat yakni kurang dari satu tahun untuk waralaba tersebut. Ini bukanlah sebuah pencapaian yang belum pernah diraih oleh seri ini sebelumnya. Setelah “Saw” pertama diluncurkan, “Saw II” dengan cepat mendapat lampu hijau dan nyaris mencapai benchmark, tayang di bioskop 364 hari setelah aslinya.

Faktanya, setiap entri “Saw” berikutnya dirilis kurang dari setahun setelah pendahulunya hingga seri ketujuh, “Saw 3D,” yang harus diselesaikan 371 hari setelah “Saw VI.” Setelah itu, franchise ini mengambil jeda selama tujuh tahun sebelum kebangkitan “Jigsaw” pada tahun 2017.

Lionsgate tidak mengumumkan rincian apa pun mengenai siapa yang terlibat dengan “Saw XI.”

Baca juga: James Wan kembali produseri film horor terbaru "Night Swim"

“Saw” yang kesepuluh menampilkan bintang franchise Tobin Bell yang kembali berperan sebagai John Kramer, perajin alat penyiksaan serial dan guru pengembangan diri Jigsaw.

Aktor berusia 81 tahun ini, yang pertama kali muncul dalam film asli “Saw” pada tahun 2004, mengambil peran utama untuk entri terbaru, yang terjadi antara entri pertama dan kedua dari seri tersebut dan mengeksplorasi petualangan Kramer di bawah pencarian pengobatan tumor otak dan menyerang balik sekelompok penipu medis.

Kevin Greutert kembali menjadi editor pada "Saw" terbaru ini yang sebelumnya memimpin entri keenam dan ketujuh.

Baca juga: Misteri teror boneka hidup di "Five Nights at Freddy's"
 

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023