Beijing (ANTARA) - Total investasi untuk upaya pengendalian polusi udara di China mencapai 4 triliun yuan atau sekitar 562,09 miliar dolar AS (1 dolar AS = Rp15.614) ungkap Kementerian Ekologi dan Lingkungan Hidup China pada Senin (11/12).

Kementerian tersebut mengatakan, upaya pengendalian polusi udara China mencatatkan kemajuan signifikan dalam beberapa tahun terakhir, mendorong pertumbuhan ekonomi negara itu. 

Kualitas udara China meningkat dengan laju tercepat secara global, sedangkan isu polusi batu bara pada dasarnya telah teratasi di seantero negara itu, ujar Liu Bingjiang, kepala engineer di kementerian tersebut, dalam sebuah konferensi pers.

Liu menambahkan bahwa upaya-upaya tersebut juga telah mendorong Produk Domestik Bruto (PDB) China tumbuh sekitar 5 triliun yuan.

Proses peningkatan kualitas udara menunjukkan penerapan yang luas dari teknologi dan produk baru yang dikembangkan secara mandiri oleh China, yang mendorong pengembangan berbagai industri terkait, termasuk manufaktur peralatan perlindungan lingkungan dan kendaraan energi baru, papar Liu.

Selain itu, total lebih dari 3 juta lapangan kerja baru di perkotaan telah tercipta berkat upaya-upaya China dalam meningkatkan kualitas udara, urai kementerian tersebut. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023