Kita tahu kegiatan Penyelenggaraan Hari Nusantara 2023 di Kota Tidore Kepulauan itu akan banyak masyarakat yang menyeberang dari dan ke Kota Ternate, selain menambah jadwal pelayaran, juga kita siapkan enam unit kapal
Ternate (ANTARA) - PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ternate, Maluku Utara, menambah jadwal pelayaran kapal dari Pelabuhan Bastiong Ternate ke Pelabuhan Rum, dari tiga kali menjadi enam kali untuk mengantisipasi lonjakan penumpang di puncak Hari Nusantara (Harnus) 2023.

"Penambahan jadwal pelayaran tersebut untuk mendukung kelancaran mobilitas masyarakat yang menggunakan angkutan ferry itu menjelang acara puncak penyelenggaraan Hari Nusantara 2023 pada 13 Desember mendatang," kata General Manager PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Ternate, Ardian di Ternate, Selasa.

Hari Nusantara 2023 yang dipusatkan di Provinsi Maluku Utara oleh Pemerintah Pusat yang bakal dihelat di Kota Tidore Kepulauan pada 10 - 13 Desember itu dengan mengusung tema "Merajut Konektivitas Nusantara dan Ekonomi Maritim dari Titik Nol Jalur Rempah”.

Dia mengatakan, penambahan jadwal pelayaran itu menyusul permintaan dari panitia daerah, sebagai langkah mengantisipasi terjadinya penumpukan di areal pelabuhan.

"Kita tahu kegiatan Penyelenggaraan Hari Nusantara 2023 di Kota Tidore Kepulauan itu akan banyak masyarakat yang menyeberang dari dan ke Kota Ternate, selain menambah jadwal pelayaran, juga kita siapkan enam unit kapal," kata Ardian.

Baca juga: Tim terjun payung TNI AL gelar latihan persiapan Hari Nusantara 2023

Baca juga: Kemenhub optimalkan persiapan menyambut Hari Nusantara di Tidore


Sebelumnya, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Ternate, Maluku Utara, membuka pelayaran speedboat dan kapal kayu selama 24 jam selama penyelenggaraan Hari Nusantara 2023 yang akan dihelat di Kota Tidore Kepulauan pada 10 - 13 Desember mendatang.

"Kami diminta dari panitia untuk pelayaran speedboat dan kapal kayu dibuka 24 jam, agar bisa melayani mobilitasi masyarakat dan para tamu dari Ternate ke Tidore atau sebaliknya," kata Kepala KSOP Kelas II Ternate, Rushan Muhammad.

Dia menjelaskan, tentunya dengan pelayaran dibuka 24 jam itu, harus dicek kapalnya apakah dia layak untuk dioperasikan, sehingga tidak mengganggu pelayaran bagi masyarakat maupun tamu lainnya dari dan ke Ternate.

Oleh karena itu, kata Rushan, kita juga terjunkan petugas di Pelabuhan baik di Pelabuhan Bastiong maupun Pelabuhan Armada Semut Mangga Dua yang berada di Kecamatan Ternate Selatan untuk melakukan pengawasan secara ketat.

"Sedangkan VVIP, mereka akan dilayani dari Pelabuhan Ahmad Yani Ternate maupun Pelabuhan Resident yang berada di Kecamatan Ternate Tengah ini," katanya.

Baca juga: KSOP Ternate buka pelayaran 24 jam untuk Hari Nusantara

Baca juga: Pelni sediakan akomodasi terapung gratis dukung Hari Nusantara 2023

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023