Jakarta (ANTARA) -
Calon presiden nomor urut 2 Prabowo Subianto pada Selasa tidak melakukan persiapan debat namun hanya berenang di pagi hari dan bertugas seperti biasa sebagai Menteri Pertahanan RI.

"Kegiatan Pak Prabowo sampai sore hari, mulai dari pagi diawali dengan kegiatan olahraga berenang. Kemudian melaksanakan tugas sebagai Menhan sampai sore di jam pulang kerja," kata Ketua Tim Komunikasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo Gibran, Budisatrio Djiwandono dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Selasa.
 
Budisatrio mengatakan Prabowo hari ini dijadwalkan melakukan acara penyerahan pesawat NC212i buatan PT Dirgantara Indonesia kepada TNI AU di Halim Perdanakusuma.
 
Menurut Budisatrio, Ketua Umum Partai Gerindra itu telah melakukan persiapan pada Senin (11/12) yakni berdiskusi membahas tema debat dengan jajaran TKN.
 
Jajaran TKN tersebut terdiri dari dirinya, Ketua TKN Rosan Roeslani, Ketua Strategis TKN, Sufmi Dasco Ahmad, Yusril Ihza Mahendra, Ridwan Kamil, Budiman Sujatmiko, Helmy Yahya, Burhanudin Abdullah, Dadan Hindrayana, Habiburokhman, Hasan Nasbi, dan Munafrizal Manan.
 
Dalam diskusi tersebut, Budisatrio menilia Prabowo telah memiliki modal pengetahuan yang cukup dan siap untuk berdebat pada Selasa malam.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengungkapkan mekanisme debat perdana calon presiden-wakil presiden (capres/cawapres) yang dijadwalkan berlangsung di Kantor KPU, Jakarta, hari ini.
 
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan debat perdana ini akan dimulai pada pukul 19.00 WIB. Pesertanya akan diikuti oleh calon presiden (capres).
 
Adapun untuk durasi debat akan berjalan selama 150 menit. Meski demikian, durasi khusus debatnya 120 menit atau 2 jam.
 
Selama itu, akan ada 6 segmen yang dipisah dengan jeda iklan. Pada masing-masing segmen, para penyelia berhak memberi tiga pertanyaan ke para capres.
 
"Sebagai gambaran begini, pada kesempatan pertama itu nanti saya sampaikan bahwa panelis akan menyusun 18 pertanyaan. Itu kan ada 6 segmen, berarti ada 3 pertanyaan yang disiapkan untuk masing-masing segmen," jelas Hasyim.
 
Kemudian, masing-masing capres akan mengambil pertanyaan yang sudah disiapkan para panelis secara acak. Setelah capres A menjawab, capres B dan C akan diberi kesempatan untuk menanggapi.
 
"Setelah menanggapi, calon A juga diberikan kesempatan untuk menanggapi balik supaya kemudian clear (jelas) di bagian perdebatan itu. Tapi pada dasarnya di bagian awal sebelum masuk kepada pertanyaan, masing-masing diberikan kesempatan untuk menyampaikan visi misi program sesuai dengan tema," ucap Hasyim.
 
Untuk diketahui, tema debat perdana ini adalah pemerintahan, hukum, HAM, pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.
 
KPU telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat capres dan cawapres pada Pilpres 2024 yang akan berlangsung selama masa kampanye Pemilu 2024 pada 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024.
 
Debat pertama dan kedua digelar pada tanggal 12 dan 22 Desember 2023. Debat ketiga dan keempat diselenggarakan pada 7 dan 21 Januari 2024.
 
Sementara itu, debat terakhir berlangsung pada 4 Februari 2024. Lima kali debat capres-cawapres ini dilaksanakan di Jakarta.
 
Debat capres akan dilangsungkan tiga kali, sedangkan debat cawapres dua kali. Walau begitu, pasangan capres-cawapres harus hadir pada lima kesempatan debat itu.

Baca juga: Prabowo dan Gibran di Jakarta pada hari ke -15 kampanye
Baca juga: Gibran akan kunjungi Kalimantan hingga Papua sebelum akhir tahun

Pewarta: Walda Marison
Editor: Imam Budilaksono
Copyright © ANTARA 2023