program tersebut dapat menciptakan sebuah kelurahan tangguh bencana
Mataram (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Mataram, Provinsi Nusa Tenggara Barat, segera memasang TEWS (tsunami early warning system) atau sistem peringatan dini tsunami di delapan kelurahan rawan tsunami di kota itu.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Mataram Mahfuddin Noor di Mataram, Rabu, mengatakan, TEWS tersebut akan dipasang oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui program IDRIP (Indonesia Disaster Resilience Initiatives Project) atau Proyek Prakarsa Ketangguhan Bencana Indonesia tahun 2023.

"Delapan titik penempatan TEWS di delapan kelurahan yang berada di kawasan pesisir sudah kita petakan. Jadi tahun 2024, tinggal di pasang," katanya.

Dikatakan, delapan kelurahan menjadi lokasi pemasangan TEWS meliputi Kelurahan Bintaro, Ampenan Tengah, Banjar, Ampenan Selatan, Tanjung Karang, Tanjung Karang Permai, Jempong, dan Kelurahan Jempong Baru.

Dengan demikian, lanjutnya, jika delapan TEWS tersebut terpasang maka di Mataram akan terdapat 9 TEWS di pesisir Pantai Mataram karena saat ini sudah ada satu titik yakni di Pantai Penghulu Agung.

"Harapan kita dengan adanya tambahan TEWS, upaya mitigasi bencana bisa lebih maksimal. TEWS di Penghulu Agung saat ini masih aktif dengan jangkauan suara hingga radius 5 kilometer," katanya.

Baca juga: Bali gunakan sistem berbasis radio dalam alarm tsunami
Baca juga: DPR bakal pertanyakan program Ina-TEWS diduga dihentikan BRIN


Di sisi lain, lanjut Mahfuddin, melalui program IDRIP tersebut delapan kelurahan saat ini sedang melaksanakan program penyusunan peta rawan bencana, jalur evakuasi, rencana kontingensi, pembentukan relawan bencana, dan forum pengurangan risiko bencana.

"Kita berharap melalui program tersebut dapat menciptakan sebuah kelurahan tangguh bencana yang bisa meminimalisir risiko bencana," katanya.

Selain itu, tambahnya, pada tahun 2024 BNPB melalui program IDRIP juga akan membangun Pusat Pengendalian Operasi Penanggulangan Bencana (Pusdalops) di Kota Mataram.

Untuk lokasi, Pemerintah Kota Mataram sudah menyiapkan lahan sekitar 400 meter persegi di sekitar gedung BPBD Kota Mataram Jalan Lingkar Selatan.

"Pusdalops akan menjadi pusat informasi, media center, serta pusat komando kebencanaan. Untuk anggaran fisik dan fasilitas lain sepenuhnya dari BNPB, kita terima barang jadi," katanya.

Baca juga: Alat peringatan dini PLTU Jabar 2 Palabuhanratu dipastikan berfungsi
Baca juga: Peneliti: Sistem peringatan dini disesuaikan karakter gempa di wilayah
Baca juga: BMG Pasang Dua TEWS di Bengkulu

Pewarta: Nirkomala
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023