Presidensi G20 Brasil 2024 mengusung tema Building a Just World and a Sustainable Planet untuk memberikan solusi nyata terhadap permasalahan utama global yaitu kesenjangan sosial
Jakarta (ANTARA) - Deputi Bidang Koordinasi Kerja Sama Ekonomi Internasional Kemenko Perekonomian Edi Prio Pambudi menyatakan dukungan Indonesia terhadap isu prioritas yang diusung oleh Brasil dalam Presidensi G20 Brasil 2024.

“Presidensi G20 Brasil 2024 mengusung tema Building a Just World and a Sustainable Planet untuk memberikan solusi nyata terhadap permasalahan utama global yaitu kesenjangan sosial,” kata Edi melalui keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Untuk mendukung tema besar tersebut, telah ditetapkan tiga prioritas utama yakni pertama, inklusi sosial dan perjuangan melawan kelaparan, kemiskinan, dan kesenjangan.

Kedua, transisi energi dan pembangunan berkelanjutan dalam tiga aspeknya yang mencakup sosial, ekonomi, dan lingkungan hidup.

Ketiga, menghidupkan kembali multilateralisme dan mendorong reformasi lembaga-lembaga tata kelola global.

Adapun Brasil memegang Presidensi G20 terhitung sejak 1 Desember 2023 hingga 30 November 2024. Pertemuan Sherpa ke-1 Presidensi G20 Brasil 2024 berlangsung 11-12 Desember 2023 di Itamaraty Palace, Brasilia, Brasil.

Edi juga mengapresiasi Presidensi Brasil yang telah mempertahankan struktur G20 yang ramping dan efektif. Namun, dirinya juga menyampaikan terkait perlunya strategi dalam mengelola isu baru, isu lama, dan permasalahan lintas sektor.

"Belajar dari pengalaman Presidensi G20 sebelumnya, mengelola isu lintas sektor untuk menghasilkan konsensus itu tidak mudah," ujarnya.

Terkait prioritas pertama yakni inklusi sosial dan perjuangan melawan kelaparan, kemiskinan, dan kesenjangan, menurut Edi Presidensi G20 Brasil dalam mendorong isu tersebut merupakan tantangan yang mendesak di seluruh dunia.

Kemudian terkait prioritas kedua yakni transisi energi dan pembangunan berkelanjutan dalam ketiga aspeknya, Presidensi G20 Brasil ingin memastikan bahwa pembangunan ekonomi berkelanjutan tidak hanya sekedar memaksimalkan pertumbuhan, tetapi juga memastikan bahwa pertumbuhan tersebut bersifat inklusif dan tidak mengorbankan generasi mendatang.

Selanjutnya prioritas ketiga yakni menghidupkan kembali multilateralisme dan mendorong reformasi lembaga-lembaga tata kelola global, Presidensi G20 Brasil mendorong hal ini karena banyak organisasi internasional yang dirancang pada tahun 1940-an, tidak mencerminkan realitas global saat ini.

Baca juga: Brasil gabung OPEC+ pada 2024

Baca juga: Indonesia bersama Brasil dan Kongo bekerja sama atasi deforestasi

 

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023