Ini adalah salah satu strategi pemerintah untuk membangun ekosistem solusi teknologi, namun kami menyadari bahwa penyokong utama dari keberlangsungan startup adalah pendanaan dan salah satu tugas pemerintah adalah menarik investasi untuk pertumbuhan
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) aktif melakukan program pembinaan tech startup, salah satunya dengan membuka akses pendanaan yang jadi penyokong utama keberlanjutan usaha rintisan tersebut lewat program Startup4industry.

Melalui program yang sudah berjalan sejak 2018 itu, Kemenperin telah menjangkau 2.036 startup secara keseluruhan untuk dipertemukan dengan industri dan pemodal. Adapun startup yang mengikuti kompetisi teknologi Startup4industry sebanyak 1.136 startup.

“Ini adalah salah satu strategi pemerintah untuk membangun ekosistem solusi teknologi, namun kami menyadari bahwa penyokong utama dari keberlangsungan startup adalah pendanaan dan salah satu tugas pemerintah adalah menarik investasi untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia,” kata Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Reni Yanita dalam Startup4industry Investment Summit di Jakarta, Selasa.

Dalam kegiatan Startup4industry Investment Summit, ada 27 modal ventura (venture capital) dari dalam dan luar negeri, serta 82 startup yang berasal dari ekosistem Startup4industry.

Reni mengungkapkan acara Investment Summit merupakan salah satu media bagi perusahaan modal ventura untuk mengeksplorasi potensi startup yang berada dalam ekosistem Startup4Industry.

“Saya harap para pelaku startup dapat lebih menonjolkan economic value dan sustainability strategy bisnis yang digeluti. Diharapkan pula venture capital dapat memberikan kepercayaan dan pendanaan kepada startup,” katanya.

Head of Investment Asosiasi Startup for Industry Indonesia (Starfindo) Maulana Wiga, sekaligus Ketua Panitia Startup4industry Investment Summit, menargetkan bisa meraih pendanaan hingga 100 juta dolar AS dalam ajang tersebut.

“Total investasi yang kita harapkan itu bisa lebih dari 100 juta dolar AS, tapi nanti kami lihat juga bagaimana kesiapan startup dan venture capital-nya,” katanya.

Dalam acara tersebut turut dilaksanakan penandatanganan nota kesepahaman antara Ditjen IKMA dengan beberapa VC yaitu UMG Idea Lab, Gayo Capital, serta Indogen Capital dan Asosiasi Startup for Industry Indonesia (Starfindo).

Starfindo sendiri merupakan asosiasi startup yang tergabung dalam program Startup4industry dan berperan sebagai pendamping teknis bagi startup yang akan melakukan penggalangan dana.

Selain itu, ditandatangani pula nota kesepahaman antara Starfindo dengan Legalku, startup di bidang hukum, di mana lewat kerja sama tersebut, startup akan mendapat pendampingan dari sisi legal dalam proses penggalangan dana.

Selain akses pendanaan, Startup4industry juga turut memberikan akses kemudahan bahan baku bagi startup yang bergerak di bidang Internet of Things melalui perjanjian kerja sama dengan PT. Advantech International dan PT. Eforel Cipta Utama.

Baca juga: Kemenperin hubungkan startup dan industri lewat "Startup4ndustry"

Baca juga: Kemenperin gandeng Tech Startup untuk percepat adopsi teknologi di IKM

Baca juga: Kemenperin percepat transformasi digital IKM lewat Startup4Industry

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023