Selama masa transisi energi, pemerintah tidak boleh mengabaikan pertumbuhan ekonomi
Jakarta (ANTARA) - Mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar mengharapkan generasi muda dapat menciptakan teknologi, yang mampu menjadikan harga energi panas bumi atau geotermal terjangkau.

Arcandra menyebut Indonesia dikaruniai dengan cukup banyak sumber geotermal. Sumber energi alternatif ini bebas emisi, bersih, dan andal, sehingga bisa menjadi pengganti dari energi fosil.

"Harga geotermal masih lebih mahal dibandingkan batu bara, BBM, dan sedikit lebih mahal dibanding gas. Mampu enggak generasi yang akan datang menciptakan teknologi yang membuat geotermal affordable," ujarnya dalam acara Future Summit 2023 di Jakarta, Selasa.

Lebih lanjut, selama masa transisi energi, pemerintah tidak boleh mengabaikan pertumbuhan ekonomi. Keseimbangan antara perekonomian dengan penggunaan energi bersih harus terjaga.

Menurut Arcandra, saat ini energi yang paling memungkinkan untuk digunakan adalah gas. Meski tidak sebersih geotermal, namun harga dari energi tersebut masih dapat dikompromikan.

"Kalau pertumbuhan ekonomi kita sudah cukup baik, kemampuan atau daya beli kita sudah mampu untuk membayar ojek lebih mahal, di situlah kita mencari apa yang dinamakan renewable energy yang sesuai dengan local wisdom kita yaitu geotermal," ucapnya.

Sementara itu, Staf Khusus Presiden Diaz Hendropriyono mengatakan bahwa ekowirausahaan atau ecopreneur Indonesia banyak yang sudah memiliki solusi untuk menurunkan emisi di berbagai sektor mulai dari energi, konstruksi, transportasi, pangan hingga pengolahan sampah.

Menurut dia, saat ini ekosistem dan sumber daya manusia (SDM) untuk menghadirkan energi baru dan terbarukan (EBT) sudah tercipta. Namun demikian, dibutuhkan kolaborasi dari berbagai stakeholder untuk mendapatkan investasi.

"Banyak inovasi yang cemerlang, banyak yang punya otak (ide), namun belum terekspos dan belum dikawinkan dengan offtaker-nya atau dengan investornya," kata Diaz.

Baca juga: PGE sebut panas bumi merupakan energi terbarukan paling potensial
Baca juga: ESDM buka lelang survei dan eksplorasi panas bumi di Luwu Utara
Baca juga: Energi panas bumi Indonesia bisa hasilkan 24 gigawatt listrik

Pewarta: Maria Cicilia Galuh Prayudhia
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2023