Jakarta (ANTARA) - Politikus PDI Perjuangan Aria Bima optimistis pasangan calon (paslon) presiden dan wakil presiden Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan unggul pada debat perdana Pilpres 2024 di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa.

"Saya berkeyakinan itu, tanpa mengecilkan dari pasangan Pak Prabowo maupun pasangan Pak Anies," kata Aria kepada ANTARA di Kantor KPU RI, Jakarta, Selasa.

Tema debat pertama ialah tentang pemerintahan, hukum, hak asasi manusia (HAM), pemberantasan korupsi, penguatan demokrasi, peningkatan layanan publik, dan kerukunan warga.

Baca juga: Ganjar-Mahfud tiba di KPU untuk debat perdana

Aria Bima menilai Ganjar-Mahfud memiliki kompetensi yang mumpuni di bidang politik dan hukum. Mahfud juga diketahui sangat getol dalam upaya pemberantasan korupsi.

Sejumlah kasus korupsi dikawal Mahfud selama menjabat sebagai menteri koordinator bidang politik, hukum, dan keamanan (menkopolhukam); sementara Ganjar telah membantu ribuan warga miskin menyelesaikan perkara di meja hukum saat dia menjadi gubernur Jawa Tengah.

Aria menjelaskan Ganjar memberikan bantuan hukum terhadap masyarakat miskin dengan memberikan stimulan Rp2 juta per perkara, yakni 200 perkara yang ditangani tiap tahun. Program tersebut bekerja sama dengan 26 lembaga bantuan hukum (LBH) di Jawa Tengah, yang tersebar di 35 kabupaten da kota.

Baca juga: Ganjar: Senanglah, insyaallah bismillah

Oleh karena itu, dia yakin Ganjar-Mahfud paslon nomor urut 3 itu akan menguasai tema debat pada Selasa.

"Tema ini, narasi-narasi, ideologi dalam kajian akademis maupun politis, itu sangat dikuasai oleh Pak Ganjar maupun Pak Mahfud; yang mana tema ini adalah satu hal yang paling penting kami ambil pilihan dalam jalan hidup kita berdemokrasi," ujar Aria Bima.

KPU menyelenggarakan debat pertama capres-cawapres Pilpres 2024 di Jakarta, Selasa, yang diikuti tiga pasangan capres-cawapres yakni nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Rangkaian debat akan dilanjutkan pada 22 Desember 2023, 7 Januari 2024, 21 Januari 2024, dan 4 Februari 2024.

Baca juga: Arsjad Rasjid: Mohon dukungannya, insyaallah Ganjar-Mahfud siap debat

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Fransiska Ninditya
Copyright © ANTARA 2023