Manado (ANTARA) - Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana  Muhammad Ali meresmikan Satuan Pendidikan (Satdik) 4 Kodiklatal di Likupang, Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, Selasa.

KSAL Muhammad Ali mengatakan kemajuan teknologi  serta perkembangan strategi membawa dampak kompleks terhadap tantangan ke depan.

Oleh karena itu upaya peningkatan profesionalisme prajurit secara komprehensif, bertingkat dan berlanjut menjadi langkah strategis dalam rangka mewujudkan Angkatan Laut yang profesional, modern dan tangguh.

"Untuk mewujudkan hal tersebut maka lembaga pendidikan TNI Angkatan Laut berperan penting dalam mencetak sumber daya manusia unggulan dan para prajurit lulusan lembaga pendidikan TNI Angkatan Laut diharapkan memiliki kemampuan yang andal untuk mengawaki organisasi maupun mengoperasikan alutsista secara profesional," kata KSAL.

KSAL mengatakan TNI Angkatan Laut telah menyelesaikan proses pembangunan gedung Satdik IV Kodiklatal.

Pembangunan fasilitas ini melengkapi tiga Satdik yang telah ada, sehingga proses pendidikan prajurit dapat terlaksana dengan baik.

"Keberadaan Satdik IV Kodiklatal ini diharapkan memberi kesempatan seluas-luasnya kepada putra putri terbaik seluruh Nusantara khususnya di wilayah Sulawesi Utara, untuk bisa menjadi prajurit TNI AL," katanya.

Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey menyampaikan atas nama pemerintah dan masyarakat Sulawesi Utara berterima kasih kepada KSAL yang telah sudah memilih tempat pusat pelatihan kader-kader prajurit TNI Al di daerah itu.

"Berharap dengan adanya Satdik ini, akan banyak masyarakat Sulut berminat menjadi prajurit TNI Angkatan Laut," katanya.

Gubernur pada kesempatan itu mengatakan kehadiran Satdik ini, sebagai wujud nyata dukungan penuh TNI Angkatan Laut bagi Provinsi Sulawesi Utara.

Apalagi Likupang menjadi salah satu kawasan ekonomi khusus bidang pariwisata.

"Dengan hadirnya TNI AL di sini, otomatis para wisatawan yang berkunjung ke Likupang akan merasa lebih aman, karena ada TNI AL di sekitar daerah wisata," katanya.

Satuan pendidikan tersebut dilengkapi berbagai sarana seperti Markas Komando, barak bintara, barak tamtama, barak Kowal, kelas bintara, kelas tamtama, dapur, mes pelatih, gudang senjata dan amunisi, lapangan samapta, sarana dan prasarana lingkungan, instalasi listrik dan air, kelengkapan furnitur, kelas untuk belajar, pos jaga hingga kendaraan operasional.

Peresmian Satdik IV Likupang ditandai dengan penekanan tombol sirene yang dilakukan secara bersama-sama oleh KSAL Laksamana TNI Muhammad Ali dan Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey serta pengguntingan pita di Markas Komando Satdik 4 oleh Ketua Umum Jalasenastri Fera Muhammad Ali, kemudian dilanjutkan dengan peninjauan ruangan.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2023