Berbagai pertunjukan itu seperti Palang Pintu, Tari Lenggang Nyai, Pencak Silat, Tari Sirih Kuning, Lenong Betawi, dan lainnya
Depok (ANTARA) - Universitas Indonesia (UI) mempromosikan Budaya Betawi melalui kegiatan Tourism Day X Pelabuhan UI 2023 yang mengangkat budaya Betawi dengan menampilkan berbagai pertunjukan.

Ketua Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata UI Anisatul Auliya SST Par  M Par di Depok Selasa menjelaskan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih kemampuan mahasiswa dalam pengelolaan sebuah kegiatan sebelum terjun ke dunia industri.

Dia menjelaskan, berbagai pertunjukan itu seperti Palang Pintu, Tari Lenggang Nyai, Pencak Silat, Tari Sirih Kuning, Lenong Betawi, dan lainnya.

Auliya mengatakan, Budaya Betawi dari provinsi DKI Jakarta merupakan daerah yang paling dekat dengan kita. Namun, masih banyak masyarakat yang belum mengenalnya secara mendalam.

Melalui kegiatan ini, pihaknya ingin agar masyarakat mengenal lebih dekat budaya Jakarta tersebut.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Auditorium Vokasi UI, Kampus UI Depok, mahasiswa juga membuka berbagai booth (anjungan) travel fair untuk penjualan paket tur wisata ke berbagai daerah di Indonesia, seperti Aceh, Kepulauan Derawan, Bali, Dieng, maupun daerah lainnya.

Pembuatan paket tur wisata tersebut merupakan hasil karya tugas mata kuliah dari mahasiswa yang dapat dibeli oleh masyarakat umum.

Acara tersebut merupakan implementasi berbagai mata kuliah yang dipelajari mahasiswa pada semester gasal (ganjil).

Sementara itu, Wakil Direktur Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum Vokasi UI, Priyanto SS M Hum mengatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan itu merupakan penerapan kurikulum vokasional yang berfokus pada praktik.

"Kami berharap agar kegiatan ini berkelanjutan dan meningkatkan animo dari masyarakat luas serta melibatkan berbagai stakeholder. Tourism Day X Pelabuhan UI juga akan menjadi program kerja andalan mahasiswa Vokasi UI dalam mengenalkan budaya Indonesia," kata Priyanto.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf)/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi pelaksanaan pagelaran budaya dan seni yang diselenggarakan oleh mahasiswa program studi Manajemen Bisnis Pariwisata, Program Pendidikan Vokasi Universitas Indonesia (UI).

"Saya berharap agar kegiatan ini menjadi media promosi sekaligus pengenalan budaya Betawi bagi masyarakat luas guna mendukung pengembangan potensi dan penguatan promosi pariwisata agar lebih optimal," katanya.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023